post image
KOMENTAR

90 persen wanita hamil akan mengalami stretch alias guratan-guratan pada bagian perut, paha dan tempat lainnya. Dan hal ini menjadi salah satu pemicu persoalan menurunnya kepercayaan diri para wanita. Demikian disampaikan Spesialis Medical Kecantikan The Clinic Beautylosophy, dr Ratna Dianitami, di talk show "Tips Perawatan Kecantikan Pasca Melahirkan" di Medan, Sabtu (5/10) malam.

"Memang stretch marks memengaruhi  kepercayaan diri para ibu pasca persalinan. Sampai saat ini, dokter sehebat apapun belum bisa menghilangkan stretch marks tetapi hanya bisa disamarkan," katanya. Seperti dilansir RMOLSumut.

Dikatakannya, stretch marks pertama kali muncul warnanya cenderung merah, ungu, merah mudah, coklat kemerahan dan coklat gelap. Seiring berjalan waktu, warnanya akan memudar meninggalkan jejak garis-garis putih.

Ia menyarankan, agar melakukan perawatan pada saat stretch Mark masih berwarna merah jangan menunggu hingga berwarna putih. Ini dilakukan agar hasil yang didapat lebih maksimal.

Jika ada genetik orang tua terkena stretch marks, kata dr Ratna, maka untuk pencegahannya harus mengkonsumsi makanan bergizi. Kemudian banyak minum air putih, memakai lotion yang sifatnya pelembab mengandung esensial oil, melakukan olahraga seperti, berenang dan jalan serta menjaga berat badan.

"Jika tidak menjaga berat badan pasti mudah terkena stretch marks. Kurangi gula, karbohidrat dan lemak artinya bukan menstopnya. Protein, sayuran dan buah-buahan sudah cukup untuk nutrisi ibu dan bayinya.

Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Radha L.H Siregar, Mked (KKI), SpKK menambahkan, bagi wanita hamil jangan takut melakukan perawatan kulit. Pada saat hamil pasti banyak masalah seperti keluar flek, jerawat dan sebagainya.

"Ibu hamil itu tetap boleh melakukan perawatan dan menggunakan kosmetik yang berbahan aman. Namun yang utama, lakukan konsultasi ke dokter dan tetap perawatan dari pada nanti terlanjur, flek dan jerawat meradang tidak bisa diobati," tandasnya.

Sementara, dokter spesialis bedah plastik dan juga pemilik The Clinic Beautylosophy, dr Arya Tjipta Sp.BP-RE mengatakan, kelebihan berat badan atau obesitas juga sering menjada masalah usai melahirkan. Peduli terhadap penampilan itu dirasa penting sekali namun banyak yang menginginkan hasil perawatan kecantikan secara instan.

"Untuk masalah obesitas, saya selalu menganjurkan untuk melakukan yang "murah" dulu, seperti diet dan olahraga. Selain itu perawatan dengan menggunakan alat getar diperut yang efeknya seperti sit up 20 ribu kali. Jika pasien sudah putus asa sekali, barulah disarankan sedot lemak," tandasnya.[dar]

Inovasi Pemutus Rantai Penularan Tuberculosis Paru Melalui Wadah Berisi Lisol Terintergrasi Startegi Derectly Observed Treatment Shourtcourse (DOTS)

Sebelumnya

Cegah Stunting Melalui Pemberdayaan Masyarakat

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Kesehatan