post image
Komunitas KBKC saat menggelar pelatihan menulis/ MedanBagus
KOMENTAR

Komunitas Binjai Kota Cerdas (KBKC) kembali menggelar pelatihan menulis Novel dan Cerita dan kali ini bekerja sama dengan MGMP BI SMA Binjai di Koeta Radja Coffee, Rabu (9/10).

Pelatihan ini dihadiri peserta yang berprofesi sebagai guru di beberapa sekolah di kota Binjai. Acara yang diusung komunitas KBCK ini diharapkan melahirkan penulis baru yang berbakat.

Pelatihan ini dibuka oleh pengurus KBKC yang disapa Bunda Asma. Beliau memiliki peran penting pada pelatihan ini sekaligus memberi motivasi dan semangat kepada peserta sampai nantinya menghasilkan sebuah karya berupa buku novel.

"Harapan bunda kita serius, dan semua yang hadir mengikuti pelatihan sampai selesai. Baik pelatihan tatap muka dan pelatihan melalui daring", ungkap Bunda Asma.

Kegiatan ini juga mengundang penulis novel Cerita Orang Kalah, Hujan Tarigan. Sebagai narasumber. Hujan dipercaya memberikan materi kepada para peserta.

Beliau bercerita bagaimana pengalamannya dalam menulis dan tidak lupa memberi kiat-kiat dalam menulis. Peserta juga diberi motivasi oleh Hujan.

"Saya selalu menulis apa saja yang ingin saya tulis dalam waktu 15 menit. Kemudian setelah itu saya akan membaca kembali. Jika dalam tulisan ada yang ga nyambung maka akan saya hapus. Sehingga akhirnya saya mendapat cerita baru. Begitu kemdian saya melakukan kembali menulis salam 15 menit", jelasnya.

Penjelasan materi dari Hujan Tarigan membangun semangat peserta, sehingga banyak muncul pertanyaan. Mulai meminta pendapat judul sampai isi cerita.

"Menurut saya penulis yang baik adalah seorang pembaca yang baik. Kreatifitas itu penting, maka dari itu seorang penulis harus memiliki banyak referensi", ungkap Hujan.

Di akhir acara Bunda Asma mengharapkan kepada setiap peserta agar nantinya masing-masing dari mereka memegang satu novel yang telah dipublikasi. [dar]

Viral Komunitas Crosshijaber, Ini Kata Psikolog

Sebelumnya

WhatsApp Bakal Bisa Dipakai Di Banyak Perangkat Untuk Satu Akun?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Komunitas