post image
Lia Nazliana Nasution, S.E., M.Si/ MedanBagus
KOMENTAR

Desa Pahlawan merupakan salah satu desa di Kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batu Bara Provinsi Sumatera Utara yang merupakan Desa Binaan Program Studi Ekonomi Pembangunan Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. Melanjutkan penelitian mandiri yang berjudul "Kajian Tingkat Kemiskinan di Kabupaten Batu Bara Provinsi Sumatera Utara Pasca Pemekaran" yang telah selesai pada tahun 2019 ini saya dan tim yang terdiri dari Ibu Pipit Buana Sari, S.E., M.M dan Ibu Dewi Mahrani Rangkuty, S.E., M.Si beserta 2 orang mahasiswa bernama Aldi Agustino dan Muhammad Fauzan Pratama, melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Mandiri dengan judul terkait pada tanggal 12 Agustus 2019 yang lalu.

Kemiskinan selalu menjadi masalah di dalam perekonomian. Kemiskinan dapat menyebabkan rendahnya taraf hidup penduduk sehingga kebutuhan yang harus dipenuhi setiap hari menjadi terbatas. Tidak sedikit penduduk hidup dibawah garis kemiskinan, dan tidak sedikit pula penduduk hidup dibawah pendapatan yang rendah. Banyak program-program bantuan pemerintah yang telah dilakukan untuk mengurangi angka kemiskinan, tetapi kurang tepatnya bantuan yang diberikan sehingga menjadi penghalang dalam mengurangi angka kemiskinan. Banyak sekali penyebab yang dapat menimbulkan kemiskinan, seperti kondisi geografis yang mempengaruhinya, faktor kultural masyarakat setempat dan berbagai masalah lainnya. Di sisi lain timbulnya kemiskinan sebagai akibat pertambahan jumlah penduduk sehingga menimbulkan penduduk miskin baru.

Meningkatnya angka kemiskinan akan berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi. Hal ini disebabkan bahwa kemiskinan akan mempengaruhi menurunnya kegiatan produksi dan konsumsi sehingga pertumbuhan ekonomi akan mengalami penurunan. Terciptanya suatu kesempatan kerja memiliki dampak baik dalam meningkatkan distribusi pendapatan sehingga angka pengangguran akan menurun, taraf hidup penduduk meningkat, serta akan mendorong pertumbuhan ekonomi ke arah yang lebih baik yang kemudian akan mendorong menurunkan angka kemiskinan. Dapat disimpulkan bahwa penanggulangan kemiskinan sangat penting dilakukan agar sasaran bantuan yang diberikan sesuai data yang dikumpulkan sehingga dapat tersalurkan dengan tepat. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan di Kabupaten Batu Bara menunjukkan bahwa kemiskinan masih menjadi masalah yang terus berlanjut hingga sekarang. Dengan mengambil variabel tingkat pengangguran terbuka, pertumbuhan ekonomi, dan tingkat Pendidikan sebagai variabel independent, ternyata hasil menunjukkan bahwa ketiga variabel tersebut berpengaruh tidak signifikan kepada tingkat kemiskinan di Kabupaten Batu Bara pasca pemekaran.

Edukasi terkait pemahaman masyarakat Desa Pahlawan tentang Konsep Dasar Kemiskinan dan Kaitannya pada Aktivitas Ekonomi yang dilakukan oleh tim kami adalah sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat dengan objek yaitu masyarakat di Desa Pahlawan. Harapannya agar memahami tentang konsep dasar kemiskinan dan dampak negatif dari kemiskinan. Selain itu untuk ibu-ibu maupun anak-anak remaja yang ada di Desa Pahlawan agar dapat meningkatkan keterampilan mereka sehingga dapat membuka usaha yang akhirnya menambah sumber pendapatan.

Penulis merupakan Dosen Prodi Ekonomi Pembangunan UNPAB Medan

Analisis Respon Transmisi Kebijakan Moneter Melalui Jalur Kredit Dalam Menjaga Stabilitas Ekonomi Di 10 Negara Emerging Market

Sebelumnya

Sosialisasi Literasi Keuangan Pada Sekolah SMA SWasta AL-Ulum Medan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Opini