post image
Rektor UISU Dr. H Yanhar Jamaluddin, MAP Memberikan Sambutan/ MedanBagus
KOMENTAR

Kepala Lembaga LLDikti Wilayah 1 Sumatera Utara, Prof. Dian Armanto mengapresiasi UISU yang telah memulai pelaksanaan workshop percepatan akreditasi jurnal yang melibatkan pengelola jurnal dari 28 Perguruan Tinggi di Wilayah 1. Hal itu diungkapkan prof. Dian Armanto saat membuka acara workshop di Auditorium UISU Jalan SM Raja Selasa (26/11).

“Kalau jurnal kita sudah terakreditasi, tidak perlu lagi kita harus mengirim tulisan ke scopus untuk mendapatkan guru besar,”ujar Prof Dian dalam acara yang juga dihadiri Rektor UISU Dr. H Yanhar Jamaluddin, MAP itu. Dengan demikian, lanjutnya, dosen tidak perlu lagi mengeluarkan dana jutaan rupiah untuk menerbitkan tulisannya di jurnal luar negeri. “Cukup di Indonesia, biar lah ke jurnal di UISU saja atau kampus-kampus lainnya. Tidak perlu lagi keluar negeri,”katanya.

Sebab, kata Prof Dian, penerbitan tulisan di jurnal terakreditasi akan berpengaruh terhadap pengajuan kepangkatan dosen hingga menjadi guru besar. Termasuk bagi mahasiswa juga dapat dimanfaatkan untuk menerbitkan tulisan hasil-hasil penelitiannya. Saat ini, jelas Prof. Dian, jumlah guru besar semakin sedikit hanya ada 42 Guru Besar. “Tapi kita punya 468 Doktor lagi yang dapat yang dapat memanfaatkan jurnal-jurnal yang akan terakreditasi nanti,”katanya.

Kepala Lldikti Wilayah 1 itu, sangat mengapresiasi apa yang sudah dimulai UISU dalam menggelar pelaksanaan workshop percepatan akreditasi jurnal. Dengan sejarah UISU yang merupakan kampus pertama dah sudah hadir sejak tahun 1952, Prof. Dian juga berharap UISU menjadi salah satu perguruan tinggi swasta yang mendapatkan akreditasi A.

Pada saat yang sama, Rektor UISU Dr. H Yanhar Jamaluddin, MAP dalam sambutannya mengatakan bahwa tingginya animo peserta membuktikan bahwa workshop percepatan akreditasi jurnal sangat penting untuk pengelolaan jurnal Perguruan tinggi masing-masing.

“Kegiatan ini akan sangat membantu pengelola jurnal, tidak semata-mata dalam hal menjaring tulisan sasja,”ujarnya.

Dikatakan Rektor UISU, pihaknya sangat berharap agar kegiatan workshop ini dapat menjadi ajang bagi seluruh peserta untuk samat-sama belajar menambah wawasan, meningkatkan kemampuan untuk menaikkan kualitas jurnal masing-masing. “Melalui workshop ini, pengelola jurnal diharapkan dapat memiiliki panduan dalam pengelolaan jurnal sesuai dengan standar mutu yang ditentukan. Kita berkepentingan agar jurnal kita semua bisa terakreditasi,”ujarnya.

Acara yang berlangsung selama satu hari di Auditoirum UISU itu menghadirkan pemateri dari Tim Ristekdikti yakni Iman Rusman, Yoga Dwi Arianda dan Itsar Bolo Rangka. Hadir pengelola jurnal dari berbagai perguruan tinggi swasta yang ada di lingkungan Lldikti wilayah 1. [top]

Rajudin: Kehadiran PPPK Jangan Sampai Menyingkirkan Guru Honor

Sebelumnya

Sekolah Ditutup 14 Hari, Gubernur Edy Rahmayadi: Belajar Dirumah

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Pendidikan