post image
KOMENTAR

Universitas Negeri Medan (Unimed) merespon imbauan pemerintah terkait antisipasi penyebaran virus corona. Hal ini ditandai dengan keluarnya surat edaran Rektor no 000809/UN.33/SE/2020 tentang tindakan pencegahan penyebaran virus corona ‎COVID-19, aktivitas perkuliahan menggunakan sistem E-Learning, Vi-Learning, Mailing List, WhatsApp Group, Line, Skype, atau sejenisnya.

Surat edaran ini berisi tentang pengalihan sementara waktu sistem perkuliahan tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh.

“Surat edaran sudah diterbitkan, dan berlaku sejak 17 Maret hingga 3 April 2020. Sistem perkuliah tatap muka digantikan sistem pembelajaran jarak jauh,” kata Rektor Unimed, Dr Syamsul Gultom, Senin (16/3/2020).

Dijelaskan Syamsul, dengan dikeluarkannya surat edaran tersebut, bukan berarti Unimed meliburkan proses belajar mengajar, tetapi dialihkan menjadi sistem daring atau penugasan terstruktur dari para dosen.

Untuk kegiatan perkuliahan lainnya, seperti ‎praktikum, akan dilaksanakan dengan bentuk pemberian tugas lain yang relevan, sesuai dengan capaian perkuliahan. Perkuliahan lapangan, yakni KKN, PKL, PPL, Magang, Perkuliahan Mahasiswa/dosen, untuk sementara waktu dikompensasi dalam bentuk kegiatan lain.

Kemudian UTS dan UAS dilaksanakan secara online. Ujian proposal, ujian tugas akhir, ujian skripsi, tesis, dan disertasi, ujian komprehensif, tetap diadakan, namun hanya dihadiri oleh mahasiswa yang diuji dan pengujinya yang telah memenuhi protokol WHO atau dilakukan secara online.

“Keputusan ini diambil sebagai bentuk pencegahan penyebaran COVID-19 di lingkungan Unimed. Kami juga berharap langkah ini akan membawa kebaikan bersama bagi seluruh civitas akademika Unimed,” jelasnya.

Syamsul berharap, semoga tidak ada warga Unimed yang terjangkit virus corona COVID-19. Menurutnya, perkuliahan dalam bentuk daring atau e-learning serta menunda kegiatan yang mengumpulkan banyak massadi kampus, langkah aktif untuk pencegahan.

“Unimed mempersiapkan kesiapan dosen, fasilitas, agar perkuliahan dalam bentuk daring dapat berjalan secara efektif dan tidak akan mengurangi efektivitas proses perkuliahan. Proses ini tetap sesuai dengan capaian perkuliahan setiap mata kuliah,” diterangkannya.

Talkshow Studi Luar Negeri Warnai Pelantikan Senat Mahasiswa FUSI UIN Sumut

Sebelumnya

Cegah Penyebaran Corona, USU Ganti Kuliah Tatap Muka Jadi Sistem Online

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Kampus