post image
Net
KOMENTAR

Ketua Aliansi Telemedia Indonesia, Prof. dr. Purnawan yang hadir sebagai pembicara dalam Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mengatakan, ada tiga sumber penularan Covid-19 yang perlu diwaspadai masyarakat.

“Barang-barang yang kita terima secara online itu kan tidak tahu bagaimana prosesnya, bagaimana yang ngantar, ini harus kita lakukan sebagai benda terinfeksi,” kata Purnawan di Gedung BNPB, Jakarta Timur, Minggu (29/3).

Sumber kedua yang perlu diwaspadai adalah uang tunai. Uang tunai dipegang oleh banyak tangan dan berpindah dari satu orang ke orang lainnya, sehingga perlu diperlakukan khusus untuk menghindari penularan Covid-19.

“Kalau saya pegang pakai plastik dan saya taruh di tempat khusus di rumah,” imbuh Purnawan.

Sumber ketiga yang tak kalah mengkhawatirkan yakni melalui kontak fisik keluarga berusia lanjut lantaran rentan terpapar. Sehingga untuk mencegah penularan, kakek atau nenek perlu menerapkan protokol kesehatan selama berinteraksi.

“Kalau kakek itu rentan, cucu itu biasanya tahan. Tapi dia (cucu) menjadi carrier, jadi sementara hati-hati jika berhubungan dengan cucu. Kita harus selalu berhati-hati waspada, cuci tangan, pakai masker begitu,” sambungnya.

Pemerintah melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 juga meminta masyarakat tetap tinggal di rumah dan melakukan kegiatan produktif dengan bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah. Selama di rumah, masyarakat diminta tetap menjaga kebersihan diri dengan rajin mencuci tangan sebagai langkah pencegahan penyebaran virus corona memutus mata rantai penularan penyakit Covid-19 itu.

Ganjar Pranowo Dilaporkan ke KPK, Apakah Prediksi Fahri Hamzah Terbukti?

Sebelumnya

Apple Kembali Alami Kenaikan Pendapatan, Kecuali di China Raya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Peristiwa