post image
KOMENTAR
MBC. Pesta Danau Toba (red, kini Festival Danau Toba) yang dulunya akan digelar perdana 8-14 September 2013. Dalam pagelaran Festival Danau Toba 2013 ini akan ditampilkan nilai budaya, alam dan olahraga yang ada di Danau Toba.

''Dalam Festival perdana ini, kita akan menampilkan aspek budaya, alam dan olahraga. Jadi dengan berubahnya nama dari Pesta menjadi Festival, kegiatan perayaan yang dilakukan setiap setahun sekali ini bisa menarik para wisatawan baik domestik maupun mancanegara,''kata Bupati Samosir Mangindar Simbolon, Selasa (3/9/2013).

Dia menyatakan kegiatan yang akan dilaksanakan Festival Danau Toba (FDT) pada dasarnya berbasis seni, budaya, olahraga dan rekreasi serta kegiatan tradisi lainnya.

''Kita upayakan FDT yang perdana ini akan lebih meriah dari PDT tahun-tahun kemarin,''ujarnya seraya menyatakan FDT dinobatkan pada awal Tahun 2013.

Disebutkan, dalam FDT ini juga ada kegiatan Solubolon (Dragon Boad) dan Panitia FDT sudah sediakan sebanyak 17 Solubolon di Danau Toba Pantai Samosir.

Dikatakan Mangindar, FDT dibuka Menteri Perekonomian dengan beberapa menteri dan acara itu dimulai dari Danau Toba dan menyeberang dengan kapal yang sudah dihiasi dengan ornamen-ornamen batak dipadu dengan musik batak.

''Ditengah perjalanan, kapal digiring dengan Solubolon sampai ke tuktuk,''katanya.

Sesampainya di Tuktuk, lanjut Mangindar, tokoh masyarakat dari empat suku (Toba, Simalungun, Karo dan Pakpak) menyambut kedatangan Menteri Perekonomian.

''Mereka berjalan sampai ke Open State (Panggung Terbuka) dan akan disambut dengan penari tortor sawan,''ujarnya seraya menyatakan ada 500 orang.

Sementara itu mengundang empat perenang dunia yang berasal dari Brazil, Italia, Yunani dan German.

''Keempat perenang ini akan mengelilingi pulau samosir dengan jarak 117,6 Km,'' ujarnya.[ded]

Pemantapan Sebelum Dipentaskan Diajang Bergengsi, Mantra Bah Tuah Mendulang Dukungan dan Apresiasi

Sebelumnya

Pakat Melayu, Tegaskan Komitmen Jaga Budaya Melayu

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Budaya