post image
Rektor UISU, Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP bersama pemateri, Dr. Tora Akadira bersama pimpinan dan peserta workshop foto bersama usai penyampaian materi di Auditorium UISU Jalan SM Raja Medan kemarin (10/12)/MedanBagus
KOMENTAR

Lulusan UISU harus mampu menjadi pribadi-pribadi yang memiliki jiwa entrepreneurship, mampu membuka lapangan kerja dan inovasi dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat.

Demikian sambutan yang disampaikan Wakil Rektor UISU Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kewirausahaan, Ahmad Bakhori, ST.MT saat membuka Workshop Entrepreneurship for Millenial di Auditorium UISU Jalan SM Raja Medan Selasa (10/12).

Workshop yang menghadirkan pemateri Dr. Tora Akadira itu dihadiri ratusan mahasiswa UISU dari berbagai Fakultas. Ahmad Bakhori yang mewakili Rektor UISU, Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP pada kesempatan itu mengatakan bahwa ke depan, lulusan UISU harus mampu membuka lapangan kerja dan memiliki kemampuan berwirausaha.

Ahmad Bakhori menyampaikan komitmennya bahwa UISU berharap setiap mahasiswa yang telah menyelesaikan studinya di kampus UISU tidak memiliki waktu tunggu yang terlalu lama untuk memulai pekerjaan sesuai dengan bidangnya masing-masing. “Untuk itu, kita akan membangun komunikasi yang intens dengan lulusan dari UISU nantinya,”kata Bakhori.

Kepada mahasiswa yang menghadiri kegiatan workshop, Ahmad Bakhori menekankankan pentingnya ide dan kreativitas mahasiswa, terlebih lagi untuk mahasiswa yang sudah berada di semester 7. “Mahasiswa harus memiliki ide dan kreativitas, sesuai dengan bidang ilmunya masing-masing. Apakah program studi hukum, kedokteran maupun sosial,”tegasnya dalam workshop yang mengambil tema mempersiapkan generasi milenial yang andal dan teruji dalam kewirausahaan untuk menghadapi revolusi industri 4.0.

Sementara itu, pemateri workshop Dr. Tora Akadira dalam paparannya menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakan workshop tentang entrepreneurship untuk mahasiswa adalah untuk mendorong minat mahasiswa dalam berwirausaha. Selain itu, workshop ini diharapkan mampu mengembankan ide (kreatifitas mahasiswa sekalgus menumbuhkan inovasi serta membangun mental mahasiswa. Mental yang dimaksud adalah mental mahasiswa yang percaya diri, pantang menyerah dan mampu bekerja keras.

Dijelaskannya hal itu dapat dicapai dengan cara merubah pola fikir (mindset) mahasiswa. Menurut Tora, sudah saatnya UISU memposisikan diri sebagai basis produksi entrepreneurship. Hal itu harus diawali dengan perubahan pola fikir sehingga ketika masuk UISU sudah terbentuk pola fikir mahasiswa yang entrepreneurship.

Setidaknya ada 5 (lima) faktor yang menjadi indikator entreprenuership bagi seseorang. Pertama, percaya diri yang dapat dilihat dari optimisme, komitmen dan disiplin. Kedua, memilki motif berprestasi, memiliki inisiatif, memiliki jiwa kepemimpinan dan berani mengambil resiko.

Pada akhirnya kegiatan, Rektor UISU, Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP langsung menyerahkan cinderamata kepada pemateri Dr. Tora Akadira dan dilanjutkan dengan foto bersama dengan peserta workshop. [top]

Sekolah Ditutup 14 Hari, Gubernur Edy Rahmayadi: Belajar Dirumah

Sebelumnya

Imbas Corona, SMA/SMK Di Sumut Mulai Belajar Mandiri Di Rumah

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Pendidikan