post image
KOMENTAR
Sejumlah nama jalan di Kota Medan direncanakan untuk diganti menyusul
penabalan Jalan Bogor menjadi Jalan Tjong Yong Hian, Sabtu (17/11/2013) oleh Plt Walikota Medan, dzulmi Eldin.

Eldin yang hadir didampingi sejumlah pimpinan SKPD, mengaku beberapa jalan lainnya juga akan dilakukan perubahan nama. Diantaranya seputaran Stadion Teladan akan menjadi Jalan GM Panggabean, kemudian Jalan Gagak Hitam (Ring Road) akan menjadi Jalan Soekarno Hatta.

Sementara Dra Lili MBA, Sekretaris Komisi A DPRD Medan dan Ketua INTI Kota Medan memberikan apresiasi yang tingi kepada Pemko Medan karena telah menanbalkan kembali Jalan Bogor menjadi Jalan Tjong Yong Hian.

Dia sangat mendukug, sebab Tjong Yong Hian merupakan seorang negarawan sehingga harus dikenang oleh generasi yang akan datang. Apalagi sumbangsih yang telah diberikan almarhum semasa hidupnya dulu sangat besar untuk pembangunan Kota Medan.

Lily menjelaskan, sumbangsih almarhum dapat dilihat dengan ikut membangun Masjid Raya Al Mahsun bersama adiuknya Tjong A Fie ketika itu. Kemudian pembangunan masjid lama Gang Bengkok, rumah sakit kusta di Belawan dan sejumlah vihara seperti Vihara Setia Budi Jalan irian Barat,  Vihara Kwan Im Jalan Kol L Yos Sudarso  serta Vihara Tian  Hou Jalan Pandu. Itu menunjukkan almarhum merupakan tokoh pluralis.

"Sebenarnya Jalan Bogor ini dulunya Jalan Tjong Yong Hian. Pada tahun 1904, Pemerintah Hindia Belanda memberikan penghargaan kepada beliau atas jasa-jasa yang telah dilakukan dengan membuat Jalan Tjong Yong Hian. Namun tahun 1960, Jalan Tjong Yong Hian diganti menjadi Jalan Bogor. Sekarang pada hari yang bersejarah ini, Pemko Medan kembali menabalkan Jalan Bogor dikembalikan menjadi Jalan Tjong Yong Hian," jelas Lily.

Peresmian ditandai dengan pembukaan tirai nama Jalan Tjong Yong Hian yang dilakukan Pelaksana Tugas Wali Kota bersama Kapolreta Medan, Budihardjo, Lily MBA, Ketua Walubi Sumut dan Sofyan Tan.

Sebelumnya Eldin  menerima cindera mata dari Budihardjo sebagai bentuk terima kasih atas penabalan tersebut. Setelah itu Eldin mengunjungi museum Tjong Yong Hian di Jalan Kejaksaan. [ded]

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Komunitas