post image
Foto Bersama Tim Pengabdian Masyarakat FKM USU dan Siswa SMPN 41
KOMENTAR

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara (FKM USU) melalui Lembaga Pengabdian Masyarakat USU (LPM USU) melaksanakan kegiatan pengabdian yang diketuai Drs. Tukiman, M.K.M bersama dengan tim Ir. Indra Chahaya S., M.Si, Dra. Syarifah, MS pengabdian dilakukan melalui Pemberdayaan Siswa SMP dalam Penanggulangan Narkoba di SMPN 41 Kelurahan Namo Gajah, Kecamatan Medan Tuntungan pada hari Jumat, 15 September 2023.

Dame Ulina Sihombing selaku kepala Sekolah SMPN 41 Medan mengatakan maraknya penggunaan narkoba sekarang sangat merusak sumber daya masyarakat, hal ini bisa dicegah dengan mendidik masyarakat sedini mungkin, contohnya para siswa agar memahami bahayanya narkoba bagi kehidupan. Beliau juga menuturkan alih-alih menggunakan narkoba, masyarakat lebih baik melakukan hal yang berguna seperti olahraga demi mencapai kehidupan yang sehat dan bermakna.

Ketua pengabdian, Drs. Tukiman, M.K.M. juga menuturkan bahwa narkoba dapat menghancurkan hidup penggunanya, untuk itu sangat diperlukannya pendidikan pencegahan dan penanggulangan narkoba sejak dini.

Kegiatan dimulai dengan pengisian pretest yaitu untuk mengukur pemahaman para siswa tentang pencegahan dan penanggulangan narkoba. Setelah itu, sebanyak 28 siswa dibagi menjadi dua kelompok dan dipaparkan materi mengenai Pencegahan dan Penanggulangan Narkoba dengan 2 metode yang berbeda. Kelompok pertama menggunakan metode ceramah dan diskusi sedangkan kelompok kedua dengan permainan roda putar berbasis IT.

Para siswa terlihat antusias dalam menjawab pertanyaan, khususnya kelompok metode roda putar, siswa terlihat lebih aktif dalam menjawab pertanyaan yang telah diberikan karena pada prinsipnya siswa memang suka bermain. Namun demikian pada metode dengan ceramah dan diskusi juga tidak kalah menariknya karena situasi belajar dibentuk tidak tidak seperti kelas biasa serta materinya juga menarik untuk siswa yang dimulai dari pencegahan dari merokok, ngelem sampai kepada narkoba.  

Setelah pemaparan materi tersebut, rangkaian acara berlanjut ke sesi pengisian posttest yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kedua metode terhadap pemahaman siswa. Ketua tim pengabdian Bapak Tukiman berharap kegiatan ini dapat menumbuhkan rasa peduli pada siswa agar tidak terpapar narkoba sehingga masa depan mereka cerah dan agar mereka menjadi SDM yang berkualitas.

Apple Kembali Alami Kenaikan Pendapatan, Kecuali di China Raya

Sebelumnya

Upaya Preventif Kesehatan Remaja Melalui Edukasi dan Praktek Budi Daya Jahe Merah

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa