post image
KOMENTAR
Penulis senior Sumatera Utara, Bersihar Lubis mengemukakan agar pemerintah mulai merubah cara berfikir (mind set) dalam melihat seni dan budaya yang ada di Indonesia. Selama ini menurutnya, pemerintah mulai dari pusat hingga provinsi dan kabupaten/kota masih melihat taman budaya sebagai salah satu pusat income bagi daerah.

"Selama ini, pemerintah hanya memandang taman budaya sebagai tempat teater, menari, bermusik dan seni lainnya," ungkapnya dalam diskusi bersama Gubernur Sumatera ,Gatot Pujo Nugroho dan Walikota Medan, Dzulmi Eldin, di Taman Budaya Sumatera Utara (TBSU), Sabtu (10/1).

Kondisi ini dikritik oleh Bersihar seperti burung manyar yang dalam regenerasinya selalu melakukan hal yang sama mulai dari menetas, beranjak dewasa, kawin dan membangun sarang untuk anak-anaknya.

"Artinya cara berfikir kita masih berulang-ulang saja mengenai seni dan budaya, harusnya kita out of the box," ungkapnya.

Ia mengusulkan, salah satu cara untuk membuat taman budaya sebagai pusat pendapatan bagi daerah adalah dengan membuat skala prioritas bagi pelaku seni untuk mengembangkan seni dan budaya untuk 'dijual' kepada publik.

"Diluar negeri ada pusat pertunjukan teater, sehingga muncul seniman sekelas romeo juliet dan sebagainya. Jadi pekerja seni sejahtera, dan seni itu sendiri akan berkembang," demikian Bersihar. [rgu]

Pemantapan Sebelum Dipentaskan Diajang Bergengsi, Mantra Bah Tuah Mendulang Dukungan dan Apresiasi

Sebelumnya

Pakat Melayu, Tegaskan Komitmen Jaga Budaya Melayu

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Budaya