post image
KOMENTAR
Ikatan Mahasiswa Imam Bonjol Universitas Sumatera Utara (IMIB - USU) akan mengadakan pagelaran budaya Minang, Kamis (30/4/2015) mendatang.

Acara dengan tema 'Pupuah Gandang Di Parantauan' ini, akan diisi dengan berbagai pertunjukan kreatifitas ini akan berlangsung di Gelanggang Mahasiswa USU, Jalan Universitas, Pintu I, kampus USU.

"Nanti akan ada berbagai kegiatan seni budaya tradisional dan pameran makanan Minang," kata Wira Afrianti, Sekretaris Panitia Wira Afrianti, Selasa (28/4/2015).

Ia mengaku, tema yang diambil guna menggambarkan semangat juang para mahasiswa Minang yang sedang menempuh studi. Meski di perantauan, namun tak meninggalkan identitas sebagai putra dan putri Minangkabau.

"Kegiatan ini akan dimulai sejak jam 4 sore yang diawali dengan Pawai Tambua Tasa, mengelilingi kampus. Selanjutnya, kegiatan akan difokuskan di Gelanggang Mahasiswa dan akan dihadiri rektorat dan segenap civitas akademika USU serta tokoh masyarakat Minang di Sumut. Acara ini sendiri juga terbuka untuk umum," jelasnya.

Dalam kegiatan ini, akan menampilkan kesenian Randai, yang sangat jarang ditemui, kecuali di Sumatera Barat."Ya, Randai itu nantinya juga akan kami bawakan bersama tarian-tarian Minang lainnya," ujarnya.

Rencana pagelaran budaya Minang ini mendapat sambutan Sekretaris BM3 Sumut HM Yunan Sirhan. Menurut Yunan, kreatifitas mahasiswa Minang ini sangat perlu untuk diapresiasi.

Bahkan, pengusaha ini mengatakan pagelaran budaya ini merupakan salah satu upaya untuk melestarikan sekaligus memperkenalkan budaya Minang kepada masyarakat luas.

"Ini sangat kreatif dan sangat membanggakan. Kreatifitas adik-adik mahasiswa ini perlu untuk didukung oleh semua pihak," kata Yunan dalam sambungan telepon.

Dirinya juga mengajak para tokoh masyarakat Minang, para dosen dan staf pengajar di USU untuk lebih memperhatikan kegiatan kreatif mahasiswa Minang ini.

"Saya fikir cukup banyak dosen Minang di USU. Saya rasa, mereka juga harus tau kegiatan adik-adik kita ini dan harus membantu," ujarnya. [ben]




Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Komunitas