post image
KOMENTAR
Prihatin banyaknya bencana longsor di berbagai daerah, dalam liburan kali ini TNI di Tasikmalaya, mengajak para pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) untuk menanam pohon.

Penanaman pohon yang difokuskan pada lahan keritis dan berbukit ini diharapkan bisa mencegah bencana longsor.

Ya, ada yang berbeda dalam liburan tengah semester kali ini.  Sedikitnya seribu dua ratus siswa SMP di kecamatan Manonjaya, Tasikmalaya, antusias membawa satu persatu bibit pohon.

Ya, pohon pohon tersebut sudah disediakan pihak Kodim 0612 Tasikmalaya, untuk ditanam di lahan yang berbukit di Desa Cihaur, Kecamatan Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya.

Setelah memilih dan membawa bibit, para siswa membawa pohon ke lahan perbukitan yang sudah gundul akibat kekeringan di musim kemarau. Para siswa ini menelusuri lahan seluas 17 hektar untuk menyebarkan 3500 bibit berbagai jenis tanaman dari mulai albasia, manglin, serta jenis kayu gunung lainya.

Para siswa mengaku senang dalam liburan kali ini karena bisa belajar menanam pohon, meski perlu waktu lama untuk bisa melihat hasilnya.

Diharapakan pohon yang saat ini ditanam akan bisa berguna bagi lingkungan dan mencegah longsor serta kekeringan jika musim kemarau datang.

Menurut Kasdim 0612 Tasikmalaya Mayor Inf Junaedi program penghijauan memang menjadi prioritas pihak TNI saat ini untuk mengurangi resiko bencana longsor.
Rencananya kegiatan ini akan terus dilakukan dan lokasinya diprioritaskan di lahan gundul dan berpotensi bencana longsor.[rgu/rmol]

KOMENTAR ANDA