post image
KOMENTAR
Ketua Komisi D DPRD Kota Medan, Sabar Syamsurya Sitepu mengatakan paket kebijakan ekonomi XII yang diluncurkan oleh Presiden Jokowi sangat membantu para pelaku usaha untuk berurusan dengan perbankan. Paket ekonomi yang fokus pada UMKM dan perizinan bangunan tersebut dipastikan akan membuat tingkat kepercayaan bank terhadap para pengusaha akan semakin tinggi.

"Selama ini kan perizinan lambat, itu yang membuat kepercayaan perbankan sangat rendah. Kalau izin nanti lebih gampang, tentu pengajuan proposal ke perbankan akan semakin cepat," katanya, Jumat (6/5).

Sabar mengatakan, keluhan atas banyaknya perizinan dalam bisnis properti selama ini masih menjadi keluhan utama para pengembang di Kota Medan. Upaya perizinan 1 pintu yang diterapkan oleh Pemko Medan lewat Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) menurutnya belum efektif mengingat masih banyak tumpang tindih dengan perizinan yang dikeluarkan oleh dinas lain seperti TRTB.

"Maunya kalau memang sudah 1 pintu, ya 1 pintu semua. Jangan lagi izin yang ini di BPPT tapi izin lainnya masih harus ke dinas TRTB misalnya. Itu yang bikin repot," ungkapnya.

Untuk memudahkan pelaksanaan paket kebijakan tersebut, salah satu caranya menurut Politisi Golkar ini yakni dengan mengimplementasikannya dalam bentuk peraturan daerah.

"Perda-perda kita yang harus dibuat menyesuaikan,"demikian Sabar.[rgu]

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ekonomi