post image
KOMENTAR
Plt Gubernur Sumatera Utara menyatakan apresiasinya atas penyelenggaraan Sumatera International Expo (Sumex) 2016 di Lapangan Merdeka, Medan. Apresiasi ini disampaikannya saat pembukaan Sumex 2016, Kamis (5/5).

"Kegiatan ini tentunya dapat menjadi sarana untuk mempromosikan  seluruh potensi maupun produk unggulan yang ada di Sumut seperti bidang ekonomi, pertanian, perikanan pariwisata maupun lainnya," ujar Erry.

Erry memaparkan, pertumbuhan ekonomi Sumut cukup baik, bahkan diatas rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional. Itu terbukti dengan pertumbuhan ekonomi Sumut tahun 2015 tercatat mencapai 5,1 persen.

"Pencapaian itu harus kita tingkatkan di masa mendatang. Tentu itu tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak, termasuk UMKM dengan produk unggulannya," puji Erry.

Sementara Wakil Walikota Medan, Ir Akhyar Nasution MSi mengatakan, Pemko Medan saat ini juga telah memiliki UKM Centre yang dapat menampung produk-produk dari berbagai cluster. Selain itu, setiap kecamatan di Medan juga telah memiliki pusat UMKM sendiri yang dapat mewadahi produk unggulan setiap kecamatan.

"Semua ini kita lakukan semata-mata untuk memberikan akses dan ruang bagi pelakui UMKM dalam mengembangkan usahanya. Selain itu Dinas Koperasi dan UMKM Kota Medan juga rutin memberikan berbagai pendidikan dan pelatihan bagi pelaku UMKM  yang ada di Kota Medan," jelas Akhyar.          

Ketua Penyelenggara Sumex 2016, Sri Budi Novitawati mengatakan, Sumex akan digelar setiap tahun sehingga menjadi salah satu ikon di Kota Medan, khusus dalam rangka mempromosikan produk unggulan.

"Sumex kita harapkan menjadi wadah promosi hasil ekonomi kreatrif agar dapat menembus pasaran dunia. Untuk mewujudkan itu, saya minta dukungan penuh dari semua pihak," harap Sri.

Sumex berlangsung selama 3 hari sejak 5 hingga 8 Mei 2016. Pembukaan ditandai dengan pemukulan Gordang Sembilan oleh Plt Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi, Wakil Walikota Medan, Ketua Penyelnggara, perwakilan Kemenperindag dan pelaku usaha.

Hadir dalam acara pembukaan tersebut Wakil Walikota Medan Ir Akhyar Nasution MSi, Ketua Penyelenggara Sumex 2016 Sri Budi Novitawati, Konsulat Jenderal (Konjen) Singapura, Malaysia, Turki, Timor Leste, Belanda dan Konjen Tiongkok. Turut terlihat jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Sumut, perwakilan Kementerian Perindustrian dan Perdangan (Memperindag) dan sejumlah pelaku usaha.

Acara pembukaan juga dimeriahkan penampilan modeling berpakaian etnik, hiburan serta pertunjukan drama yang diperankan siswa Sekolah Dasar. Usai seremony pembukaan, rombongan kemudian meninjau stand.[rgu]

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ekonomi