post image
KOMENTAR
Menjelang masuknya bulan Ramadhan, sejumlah harga sembako mengalami lonjakan, naiknya sembako juga diikuti harga kebutuhan lainnya seperti ikan dan komoditas laut lainnya.

Seperti halnya di pasar tavip binjai, harga ikan hari ini naik hingga berkisar 25 persen lebih.

Harga naik karena memasuki bulan Ramadhan dan akibat meningkatnya permintaan ikan, juga keterbatasan pasokan, khususnya ikan laut.

Tren pola peningkatan harga ikan yang terjadi di beberapa kota besar, menunjukkan kenaikan harga ikan akan naik drastis pada seminggu sebelum Ramadhan.

Namun, mulai dari jauh hari menjelang Ramadhan harga ikan ini sudah mulai merangkak naik.

Menurut salah satu pedagang ikan mengatakan bahwa beberapa jenis ikan sudah mengalami kenaikan harga sejak sepekan yang lalu.

Misalnya harga ikan dencis yang normalnya hanya 15 ribu rupiah kini naik hingga 20 ribu rupiah perkilonya, ikan tongkol dari 25 ribu rupiah perkilo kini dijual seharga 32 ribu rupiah perkilonya.

Ikan bandeng laut dari harga 22 ribu rupiah menjadi 29 ribu rupiah perkilo sedangkan harga ikan gembung 30 ribu rupiah dari harga sebelumnya 20 ribu rupiah.

Begitu juga dengan harga udang untuk semua jenis yang naik 5 ribu rupiah perkilo.

Menurut Rahmat, salah satu pedagang ikan, kenaikan harga ini diperkirakan akan terus terjadi hingga masuknya bulan Puasa.

"Harga ini nantinya pasti bakal terus naik sampai bulan Puasa, apalagi menjelang Lebaran bisa sampai berkalilipat haganya," ujarnya.[rgu]

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ekonomi