post image
KOMENTAR

Teknik pertanian aeroponik membuat kagum Sekda Provinsi Sumatera Utara Hj Sabrina di UPTD Benih Induk Hortikultura, Jalan Djamin Ginting Km 67, Kutagadung, Berastagi, Kabupaten Karo. Teknik yang diterapkan pada pembenihan kentang ini membuat petani dimungkinkan untuk memanen kentang mereka di udara.

Aeroponik adalah proses membesarkan tumbuh-tumbuhan di udara. Tanaman tidak diberi media untuk tumbuhnya akar, melainkan dibiarkan terbuka, menggantung pada suatu tempat yang dijaga kelembabannya. Jika akar tidak masuk ke dalam media dan dibiarkan terbuka, maka pengambilan oksigen menjadi lebih lancar. Sehingga, metabolisme tumbuhan lebih cepat, yang kemudian dapat mempercepat pertumbuhan tanaman.

“Kalau biasanya yang banyak kita lihat itu mediumnya tanah dan air (hidroponik), hari ini kita panen benih kentang di udara. Tekniknya aeroponik, benih-benih yang kita panen ini nanti ditanam lagi menghasilkan kentang-kentang unggul yang tentunya menguntungkan petani, bagus sekali inovasi ini,” ungkapnya.

“Saya berharap, UPT-UPT kita yang lain juga akan melakukan hal yang sama, saya yakin kalau semua berinovasi, pangan kita produksi meningkat, dan inflasi kita stabil,” ucapnya.

Kepala UPTD Lambok Turnip menjelaskan, ada dua varietas unggul hasil inovasi UPTD Benih Induk Hortikultura Kutagadung, yang telah berhasil dipatenkan ke pusat, yakni wortel Gundaling dan arcis Berastagi.

“Luas areal 7,9 hektare yang kita miliki ini Bu, memang kita optimalkan untuk menghasilkan benih-benih yang unggul, ragam inovasi kita praktikkan,” katanya.

Selain aeroponik, kata Lambok, juga ada pengembangan kultur jaringan di laboratorium. Yakni, teknik untuk mengisolasi bagian tanaman (sel, jaringan, dan organ tanaman), untuk ditumbuhkan pada media dengan kondisi bebas dari infeksi, agar bagian tanaman tersebut dapat memperbanyak diri dan membentuk tanaman yang sempurna. [dar]

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Ekonomi