post image
KOMENTAR
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) membantah adanya pembangunan tenda VVIP senilai Rp 15 miliar yang akan ditempati Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono selama mengunjungi pengungsi Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, besok, Kamis (23/1/2014).

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho menyebutkan SBY tenda yang akan dipergunakan SBY untuk menginap tidak ubahnya tenda yang ditempati oleh pengungsi lainnya maupun petugas dari BNPB/BPBD selama menangani para pengungsi.

"Adanya berbagai berita dan isu yang berkembang di sosial media yang memberitakan bahwa Presiden akan menginap di tenda VVIP seharga Rp 15 milyar adalah tidak benar. Presiden akan menggunakan tenda posko untuk menginap selama berkunjung di Sinabung.

Tenda tersebut biasanya digunakan BNPB dan BPBD untuk posko lapangan dan menampung pengungsi. Begitu pula para Menteri-menteri yang mendampingi Presiden juga akan menginap di tenda posko/pengungsi," katanya, Rabu (22/1/2014) melalui layanan broadcast BBM.

Sutopo menjelaskan tenda-tenda tersebut sudah banyak dipergunakan dalam setiap penanganan bencana dibeberapa daerah di Indonesia sepert di Way Ela Maluku, di Mentawai, gempa Aceh, banjir Jakarta dan lainnya. Tenda tersebut digunakan multifungsi. Di Way Ela Maluku saat tanggap darurat banjir bandang digunakan untuk posko, sekolah darurat dan pengungsi. Di Aceh untuk pengungsi, mushola dan menampung logistik.

Di Mentawai digunakan untuk aktivitas rehabilitasi dan rekonstruksi dan sebagainya. Di Yogyakarta digunakan untuk gladi. Di Monas digunakan untuk logistik penanganan banjir Jakarta, dan sebagainya.

"Jadi tidak ada tenda VVIP di Sinabung yang akan digunakan untuk menginap Presiden. Presiden akan menginap dan melakukan rapat terbatas di tenda pengungsi yang biasa digunakan BNPB/BPBD untuk penanggulangan bencana. BNPB tidak punya tenda VVIP seharga Rp 15 miliar seperti yang banyak diributkan. Harga tenda posko yang digunakan menginap Presiden tersebut Rp 60 juta per unit," jelasnya.

"Saya saat ini posisi di depan tenda posko/pengungsi yang akan digunakan menginap Presiden dan rombongan menteri. Tenda didirikan di Gereja Paroki, Kecamatan Kabanjahe, Kab Karo," tambahnya.[rgu]

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Komunitas