post image
KOMENTAR
Hubungan bilateral yang digalang Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah RRT yang baru saja dilakukan merupakan awal keruntuhan Indonesia baik dari segi ekonomi maupun politik.

Menurut pengamat politik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Drs. Shohibul Anshor Siregar, dengan ditandatangainya memorandum of understanding (MoU) oleh Presiden Joko Widodo dan Xi Jinping, sesungguhnya eksploitasi akan segera terjadi di negeri ini. Pasalnya, Pemerintah Indonesia lemah dalam mengawai pihak asing dalam pengelolaan sumber daya alam (SDA).

"Apa yang ditandatangani oleh Jokowi Widodo dengan Xi Jinping itu adalah awal dari malapetaka baru dalam ekonomi dan politik. Karena upaya itu sesungguhnya  hanya mengalihkan ketergantungan Indonesia dari negara Barat dan Eropa ke Tiongkok.

Sohibul mengatakan, kemiskinan struktural akan semakin mengancam, karena eksploitasi pasti terjadi dari kemampuan Pemerintah Indonesia yang tidak balance.

"Negara bukan hanya “menyewakan” apa yang dia punya, atau bahkan menyuruh negara lain mengelola apa yang dia punya agar ia mendapat sedikit dari proses eksploitasi itu," tandas Sohibul. [hta]

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ekonomi