post image
KOMENTAR
Produksi sepatu asal Kota Medan sudah menyebar ke seluruh penjuru nusantara. Penerimaan pasar yang baik ini harus diikuti dengan penguatan pasar lokal, sehingga wisatawan yang datang ke Kota Medan bisa mendapatkannya secara langsung dari pengrajinnya.

Demikian disampaikan Calon Wakil Wali Kota Medan H Akhyar Nasution saat menghadiri acara silaturahim Ikatan Pengrajin Sepatu di Gedung Ikatan Keluarga Bayur di Jalan Utama Medan, Rabu (26/8).

Politisi PDI-P itu menyampaikan, selama ini produk dari hasil pengrajin di Kota Medan sudah sampai ke Indonesia bagian Timur, dengan pasar terbesar di Pulau Sumatera. Hal ini membuktikan, bahwa produk sepatu asal Kota Medan diakui banyak orang.

Dia menyebutkan, usaha seperti ini harus terus dikembangkan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kota Medan. Ke depannya, perlu dibuat satu wadah khusus menciptakan pasar yang menjajakan sepatu produk Kota Medan.

"Saya yakin ini akan bisa mendukung pemasaran produk sepatu hasil kerajinan pedagang sepatu di Kota Medan. Kemudian, pasar sepatu ini juga akan membuat wisatawan yang sudah mengenal sepatu di daerah-daearahnya bisa secara langsung melihat cara membuat sepatu," sebutnya.

Anggota DPRD Kota Medan Periode 1999-2004 ini mengatakan, kawasan Suka Ramai selama ini diketahui menjadi sentra perekonomian bagi masyarakat di kawasan Kota Matsum. Untuk itu, perlu lebih diperbaiki dan dikembangkan agar bisa menjadi lokasi bisnis rumahan yang lebih maju lagi.

"Kita juga akan melatih para pengrajin ini untuk melek teknologi, sehingga pola menjajakannya lebih luas lagi melalui media online," ucapnya.

Menyahuti ini,  Ketua Ikatan Pengrajin Sepatu Kota Medan, Arman Koto dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Kota Medan sudah memberi perhatian lebih kepada para pengrajin, kini para pengrajin mengharapkan yang lebih yakni ikut mengembangkan hasil kerajinan warga Kota Medan ini ke taraf Internasional.

"Kami yakin Pak Eldin dan Pak Akhyar akan memperhatikan kita kalau nanti mereka terpilih menjadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan," katanya.

Dia menyebutkan, selama ini produk hasil kerajinan pengrajin sepatu di Kota Medan khususnya dari pelaku usaha kecil menengah sudah memiliki kualitas yang sama dengan produk-produk luar lainnya. Sehingga, produk-produk kerajinan pengrajin Kota Medan sudah menyebar ke seluruh penjuru Indonesia.

"Harapan kami, pengrajin bisa dibawa untuk menjajakannya ke taraf international," sebutnya.[rgu]

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ekonomi