post image
KOMENTAR
Menteri Koordinator bidang Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli ingin pabrik olahan minyak kelapa sawit skala nasional dibangun di Kalimantan Timur. Diharapkan dengan langkah ini, produksi turunan minyak kelapa sawit memberi nilai tambah.

"Kami bikin produk-produk CPO turunan seperti oil chemicals kelapa sawit nilai tambah 10 kali," kata Rizal saat menjadi keynote speaker di seminar nasional "Kesiapan Bangsa dan Strategi Menghadapi Krisis Energi Nasional" di Djakarta Theatre, Jakarta Pusat, Rabu (7/10).

Bahkan, menurut Rizal, bukan tidak mungkin juga memproduksi bahan bakar pesawat dari kepala sawit atau bioavtur. Rizal yakin nilai tambahnya bisa sampai 20 kali lipat.

"Kalau ini berhasil dikembangkan, dalam 5-10 tahun kita bisa menjadi penghasil bioavtur terbesar di dunia," urai mantan menko perekonomian era Presiden Abdurrahman Wahid tersebut.

Terlebih jika biofuel yang diproduksi dalam negeri bisa dimanfaatkan untuk bahan bakar minyak jenis premium. Hal ini dipastikan mengurangi impor minyak dan menambah nilai tambah dalam negeri.[rgu/rmol]

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ekonomi