post image
KOMENTAR
Meski hanya berlabel ajang pencarian bakat untuk penyanyi lokal, namun siapa sangka jika Zeqita Karo Idol 2016 digelar dengan hadiah menggiurkan yakni 3 unit mobil jenis City Car yang diperuntukkan bagi juara pertama hingga juara ketiga nantinya. Indra Sakti Tarigan selaku pemrakarsa ajang pencarian bakat tersebut mengaku hadiah ini hanyalah sebagai stimulus untuk memicu semangat warga masyarakat mengikuti ajang tersebut.

Pemilik komplek hunian Zeqita Residence ini mengaku, ajang pencarian bakat penyanyi Karo ini menjadi jawaban atas keresahannya melihat minimnya talenta muda dari Karo yang memiliki kualitas suara dan musikalitas yang mumpuni.

"Terus terang saat ini bakat muda penyanyi Karo sangat minim," katanya dalam temu pers di Water Lounge Villa Zeqita Residence, di Jalan Jamin Ginting, Medan, Jumat (8/1).

Selain memberikan hadiah 3 unit mobil bagi tiga pemenang utama, Indra menyebutkan 10 pemenang teratas dari ajang yang akan mulai audisi pada minggu ketiga Februari 2016 ini, juga akan diberikan kontrak ekslusif selama 2 tahun dibawah manajemen perusahaan rekaman yang akan menjadi mitranya dalam membina para penyanyi berbakat tersebut. Menurutnya pembinaan ini sangat penting mengingat banyaknya pengalaman penyanyi berkualitas hasil ajang pencarian bakat yang "terlantar" setelah memenangkan kontes ajang pencarian bakat baik tingkat lokal maupun tingkat nasional.

"Saya tidak mau seperti itu," ujarnya.

Untuk mencari bakat penyanyi Karo, Indra mempercayakan proses audisinya kepada musisi Karo yang sudah sangat tenar seperti Ramona Purba,  Antha Pryma Ginting dan Putri Sembiring. Menurutnya perpaduan ketiganya sangat kompleks dimana Ramona Purba merupakan salah satu penyanyi legendaris dari Karo yang terkenal pada era 80-an, Antha merupakan musisi muda Karo yang hingga saat ini melahirkan banyak karya musik dan Putri Sembiring merupakan sosok yang sangat memahami karakter suara dan teknik bernyanyi.

"Jadi saya sangat yakin dengan kualitas calon musisi yang mereka hasilkan," pungkasnya.

Secara teknis, juri audisi Ramona Purba mengatakan babak audisi ajang pencarian bakat penyanyi Karo ini akan digelar pada 5 kabupaten seperti Karo, Simalungun, Deli Serdang, Binjai dan Langkat mulai minggu ketiga bulan Februari 2016. Pesertanya sendiri merupakan pemuda dengan usia mulai 16 tahun keatas dan terbuka bagi umum.

"Bukan hanya penyayi dari suku karo, tapi juga dari suku lain. Ini sifatnya lintas etnis, agama, suku dan lainnya. Namun yang dinyanyikan itu tetap lagu berbahasa Karo," ungkapnya.
Meski diaudisi oleh musisi kawakan asal Karo, namun Ramona memastikan mereka hanya bertindak sebagai mentor bagi talenta-talenta penyanyi muda yang akan menjadi peserta. Sedangkan penjuriannya mulai dari 50 besar akan ditentukan melalui sistem SMS dari para peserta. Untuk itu, panitia akan bekerjasama dengan salah satu provider telekomunikasi yang akan menjadi penentu bagi para calon juara ajang pencarian bakat tersebut.

"Kita akan banyak melakukan show yang bertempat di Hall Zeqita Residence sehingga masyarakat bisa melihat secara langsung kemampuan mereka," paparnya.

Tidak jauh berbeda dengan ajang pencarian bakat penyanyi tingkat nasional, para finalis yang masuk dalam 30 besar menurut Ramona juga akan menjalani karantina oleh penyelenggara untuk dipoles menjadi penyanyi-penyanyi lagu Karo yang mumpuni.[rgu]

Pemantapan Sebelum Dipentaskan Diajang Bergengsi, Mantra Bah Tuah Mendulang Dukungan dan Apresiasi

Sebelumnya

Pakat Melayu, Tegaskan Komitmen Jaga Budaya Melayu

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Budaya