post image
KOMENTAR
Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) H Tengku Erry Nuradi menyatakan, Sumut berpotensi sebagai daerah pengembangan energi bersih dan dan terbarukan bidang ketenagalistrikan.

Dalam hal ini, kata Erry, BCEF 2016 sebagai wadah bertemunya berbagai pemangku kepentingan di tingkat nasional dan internasional bidang energi. Dan ini menjadi angin segar dalam upaya mencari solusi mengenai percepatan pengembangan energi bersih di Sumut.

"Forum ini juga sekaligus bentuk komitmen Indonesia dalam pengembangan energi bersih, baik itu ditingkat regional dan global. Energi bersih dan terbarukan kita harapkan akan diterapkan di Sumut, sebagai salah satu solusi untuk kekuar dari krisis listrik," katanya, Jumat (12/2).

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut sendiri, sebut Erry, akan memberikan kesempatan kepada berbagai pihak untuk bekerjasama dalam pengembangan energy bersih dan terbarukan bidang ketenagalistrikan di Sumut.

"Kita menyambut baik teknologi kelistrikan yang ramah lingkungan. Selama ini, Sumut masih membutuhkan pasokan listrik untuk kebutuhan masyarakat dan industri. Ketersediaan daya yang ada tidak mencukupi, bahkan permintaan daya listrik terus bertambah," terangnya.

Sebelumnya, Menteri ESDM Sudirman Said menyatakan, CoE Indonesia akan mendukung upaya percepatan pengembangan energi terbarukan menjadi 23% dalam komposisi bauran energi nasional pada tahun 2025. Hal itu disampaikannya dalam acara Forum Bali Clean Energy (BCEF) di Nusadua, Bali, Kamis (11/2).

Untuk jangka 4 tahun kedepan, lanjutnya, CoE akan berfokus pada upaya mendukung program pembangunan ketenagalistrikan 35 GW, dimana 25% atau sekitar 8.8 GW yang akan datang merupakan energi terbarukan. Sedang 25% lagi dari energi gas.

“Sampai dengan saat ini, sebut Sudirman, progres pembangunan ketenagalistrikan dari target 35.000 MW, telah mencapai 17,3 GW yang terkontrak, dimana 2,7 GW diantaranya berasal dari energi terbarukan,” ujar Sudirman.[rgu]

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ekonomi