post image
KOMENTAR
Kepiawaian Melly Goeslaw dalam mencipta lagu tak perlu diragukan lagi. Bahkan dia disebut-sebut sebagai penulis soundtrack film handal negeri ini. Meski begitu, ada kalanya Melly merasa kesulitan dalam menciptakan lagu. Seperti soundtrack film Rudy Habibie, berjudul Mencari Cinta Sejati.

"Di antara 200 lebih lagu yang pernah saya buat. Lagu Mencari Cinta Sejati ini yang paling susah yang saya buat. Mungkin itu cerita lagu ini," ungkap Melly.

"Tapi alhamdulillah dari perjalanan yang luar biasa dan lagu ini dibuat untuk film Rudy Habibie jadi bukan fiktif karena tokohnya benar-benar ada, kisahnya nyata dan real," imbuhnya

Diketahui, dari sepuluh daftar film Indonesia dengan raihan jumlah penonton terbanyak sepanjang 2000 hingga sekarang, tujuh di antaranya soundtracknya dikerjakan Melly dan suami, Anto Hoed. Yang masih panas, tentu lagu-lagu untuk film Ada Apa dengan Cinta 2 (AADC 2). Kini film tersebut berada di posisi empat dengan jumlah penonton mencapai 3,5 juta.

"Alhamdulilah, tiap kali bikin soundtrack kok ya masuk box office," ucap musisi yang bersama suaminya membentuk band Potret pada 1995.

Ketika menulis lagu, apalagi soundtrack, dirinya tidak pernah mengharapkan ses­uatu. Buat, ya buat saja. "Nggak pernah mikir, ah saya bikin soundtrack, tapi ini nanti harus jadi box office," kata pelantun Jika itu.

Sebab, yang membuat sebuah film jadi box office bukan faktor soundtrack-nya. Me­lainkan satu paket, mulai lagu, jalan cerita, pemain, dan lain-lain. Dalam perjalanan­nya, soundtrack buatannya tidak selalu dinyanyikan sendiri. Beberapa dinyanyikan pe­nyanyi lain. Misalnya, Ayat-Ayat Cinta yang dinyanyikan Rossa atau Cinta Sejati yang dinyanyikan Bunga Citra Lestari.

Meski begitu, apa yang telah diraih Melly dan Anto Hoed itu luar biasa. Apakah Melly punya feeling kuat ketika hendak menerima atau menolak tawaran menggarap soundtrack? Dia menampiknya. Tidak semata-mata karena merasa film bakal sukses, dia mau membuat lagunya. Melly menegaskan, ketika ada tawaran, dirinya harus membaca dulu skenario filmnya.

Melly terkenal karena lagu-lagu cintanya yang puitis. Gampang diingat dan simple. Untuk membuat sebuah lagu, dia lebih memilih kamar sebagai tempatnya men­curahkan isi kepala. Apalagi, dia menuturkan, ide-idenya lebih banyak muncul saat malam. "Daripada di studio, aku lebih pilih kamar," jelasnya.  [hta/rmol]

Akhirnya, Nikita Willy Resmi Dilamar Sang Kekasih

Sebelumnya

Rumah Aktor Senior Tio Pakusadewo Digeledah Polisi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Seleb