post image
Edukasi Oleh Petugas Kesehatan/MedanBagus
KOMENTAR

Hipertensi adalah suatu kondisi dimana tekanan darah mengalami kenaikan (tekanan darah normal 120/80 mmHg). Tekanan darah dapat berubah dari waktu ke waktu, dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti usia, gaya hidup, jenis aktivitas tertentu yang dapat memacu kerja jantung (misalnya olahraga atau dalam kondisi normal/istirahat), kebiasaan merokok, dan faktor lainnya.

Klinik Pratama Rumah Zakat Al Ummah Medan menggelar kegiatan kelas edukasi kesehatan, dengan tema "Kenali Hipertensi, Waspadai Tekanan Darah Anda" yang dilaksanakan pada hari Kamis, 7 November 2019 pukul 10.15 hingga pukul 11.45 WIB.

Sebelum kelas edukasi dimulai, peserta melakukan pemeriksaan tekanan darah oleh tenaga kesehatan yang bertugas. Kemudian acara dibuka oleh moderator Yuhana Tambunan, AMK, dan dilanjutkan dengan materi yang disampaikan oleh dr. Fauzan Rizky Setiadi, yang bertugas di Klinik Pratama Rumah Zakat Al Ummah Medan pada hari Selasa, Kamis dan Sabtu.

Peserta yang hadir sebanyak 20 orang dari berbagai kalangan mulai dari para lansia hingga mahasiswi. Antusiasme peserta kelas edukasi tampak saat menyimak pemaparan materi yang disampaikan hingga pada sesi diskusi dan tanya jawab.

Menurut pemaparan dr. Fauzan, hipertensi memiliki beberapa gejala yang harus diwaspadai seperti pusing, nyeri tengkuk, mual, muntah, dan jantung berdebar. Pada umumnya hipertensi tidak menunjukkan  gejala yang spesifik sehingga disebut sebagai silent killer. Apabila tidak segera diatasi, hipertensi dapat menyebabkan gangguan fungsi organ lainnya misal : gagal jantung, stroke, gagal ginjal, kelainan mata (retinopati), dan penyakit berat lainnya.

Jangan anggap sepele apabila Anda memiliki gejala-gejala seperti diatas, rutinlah memeriksakan tekanan darah anda setiap bulan. Apabila Anda telah terdeteksi hipertensi, minumlah obat secara rutin sesuai dengan anjuran dokter.

Salah satu peserta yang sudah mengkonsumsi obat hipertensi selama 20 tahun merasa tercerahkan setelah mengikuti kelas edukasi hari ini. "Alhamdulillah saya jadi lebih faham tentang penyakit saya dan pentingnya kontrol rutin tekanan darah. Terima kasih klinik Rumah Zakat yang telah mengadakan kelas edukasi hari ini kepada kami", ucap Nondong Serasi Malam (75 th) dengan senyum berseri.

Kegiatan ditutup dengan hidangan segar sambil menunggu giliran untuk ditensi kembali peserta menyantap sate buah yang disediakan.

Klinik Pratama Rumah Zakat yang beralamat di Jl.Utama no.211 Simpang Jl. Ismailiyah, Kota Matsum II, Medan Area buka setiap hari Senin s.d Sabtu  pukul 08.00 s/d 20.00 WIB.

Melayani pemeriksaan kesehatan umum, pemeriksaan kehamilan, USG kandungan, khitan, senam hamil dan pijat bayi, imunisasi, tersedia juga layanan mobil ambulance untuk pengantaran jenazah dan pengantaran pasien. Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi kami di nomor 085297225670, ig@klinikrumahzakatmedan, fb@klinik rumah zakat medan. Sebagian biaya yang dikenakan digunakan untuk membantu pasien dhuafa, sehingga pasien yang berobat sekaligus telah berdonasi.[krm]

Tak Hanya Di Sungai, Teror Bangkai Babi Juga Muncul Di Tengah Kota Medan

Sebelumnya

Gegara Teror Bom Di Medan, Menhub Minta Aplikator Ojol Perbaiki Rekrutmen

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Peristiwa