post image
Foto Bersama Tim Pengabdian Masyarakat FKM USU dan Koperasi Syariah Kaum Ibu AL IKHLAS
KOMENTAR

Tim Pengabdian Masyarakat FKM USU mengembangkan usaha makanan menjadi usaha frozen food di Koperasi Syariah Kaum Ibu AL IKHLAS, Medan. Hal ini dilatar belakangi bahwa Di Desa Tanjung Gusta, Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang sejak 15 tahun yang lalu tepatnya pada tanggal 26 Pebruari 2007 dibentuk Koperasi perempuan yang diberi nama Koperasi Syariah Kaum Ibu (KOPSYAKI) AL-IKHLAS. Selain usaha simpan pinjam, anggota koperasi ini juga banyak berusaha dalam pengolahan makanan seperti bakso, tahu walik, risol, dan nugget, namun produksi, kemasan dan pemasarannya masih sederhana. Sementara makanan tersebut kalau dikembangkan secara maksimal akan mendapatkan penghasilan yang banyak karena jenis-jenis makanan olahan tersebut sangat digemari masyarakat. Untuk itu pengabdian yang dilakukan adalah promosi makanan olahan menjadi makanan beku (frozen food) yang memenuhi standar kesehatan dan keamanan pangan. Selain memperhatikan keamanan pangan maka untuk meningkatkan produksi dan distribusi yang luas maka pengabdian ini makanan-makanan olahan tersebut menjadi makanan beku. Selanjutnya makanan beku dikemas dan dipasarkan dengan tujuan meningkatkan nilai jual produk dan ekonomi anggota KOPSYAKI AL-IKHLAS. Metode pendekatan yang dilakukan selama melakukanpelatihan kepada anggota KOPSYAKI AL-IKHLAS.

Kegiatan tersebut berlangsung sejak Juli 2023 hingga 14 September 2023, kegiatan dirangkai menjadi beberapa tahap, pertama penjelasan tentang rencana pelatihan, kedua, perekrtutan peserta pelatihan, ketiga, pelatihan keamanan pangan frozen food, keempat, pelatihan cara pengemasan frozen food, kelima, pelatihan cara pemasaran frozen food, keenam, pembentukan pengelola frozen food, dan yang terakhir adalah evaluasi kegiatan.

Melalui kegiatan ini juga diberikan freezer kepada Koperasi Syariah Kaum Ibu AL IKHLAS yang dapat menampung usaha mereka makanan olahan mereka, sehingga usaha yang telah ada menjadi berkembang dan lebih bervariasi.

Ketua Koperasi, Annysa Hanum Hasibuan, menyampaikan apresiasi kepada tim pengabdian yang telah menjadi mitra dalam pengabdian masyarakat ini. Menurutnya, kegiatan ini sangat membantu dalam meningkatkan nilai usaha yang telah ada di Koperasi tersebut. Pemasaran hasil produksi ibu anggota koerasi dapat dikembangkan ke beberapa sekolah yang dibina oleh Ibu Annisya dimana selama ini bahan baku bakso, nugget dan makanana lainnya dikantin-kantin sekolah masih dibeli dari pasar karena anggota koperasi belum mengolah makanan beku. Artinya Freezer yang diberikan dari tim pengabdian ini sangat bermanfaat bagi anggota koperasi. Sementara itu, Ketua Pengabdian Masyarakat FKM USU, Dra. Syarifah, MS menuturkan bahwa pengembangan usaha makanan menjadi usaha frozen food merupakan inovasi yang sangat bagus dan layak dicoba. Dia mengatakan, selain menaikkan nilai jual usaha tersebut, inovasi ini juga dapat memiliki jangkauan konsumen yang luas jika dipasarkan dengan tepat. Beliau menuturkan, salah satu promosi yang dapat dilakukan melalui media sosial sehingga dapat menjangkau konsumen. Syarifah berharap, dengan adanya kegiatan ini para ibu di Koperasi Syariah Kaum Ibu AL IKHLAS dapat memahami potensi inovasi usaha frozen food dan dapat memanfaatkan potensi tersebut untuk mengembangkan usaha mereka menjadi bernilai tinggi. Tim Pengabdian diketuai Dra. Syarifah, MS dengan anggota dr. Halinda Sari Lubis, M.K.K.K., dan Drs. Tukiman, M.K.M. Tim Pengabdian juga menggandeng 3 orang mahasiswa Universitas Sumatera Utara yaitu Bella Afifah Nasution, Nurul Latiefah Maharani dan Sonya Elisabeth Tambun.

Apple Kembali Alami Kenaikan Pendapatan, Kecuali di China Raya

Sebelumnya

Upaya Preventif Kesehatan Remaja Melalui Edukasi dan Praktek Budi Daya Jahe Merah

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa