post image
KOMENTAR

Salah satu putra bangsa yang dinilai memiliki kompetensi untuk menduduki posisi menteri perekonomian adalah DR. Rizal Ramli.

 Selain telah berpengalaman dan memiliki kapasitas yang baik, Rizal dinilai dapat diterima semua kalangan. Namanya tidak asing lagi di dunia perbankan, pengusaha, birokrat, akademisi, dan bahkan masyarakat biasa.

"Kalau menjadi menko perekonomian, Rizal tentu bisa menjembatani semua kepentingan demi percepatan pembangunan. Ini sangat penting agar ada keharmonisan dalam pembangunan,” ujar Presidium Parlemen Pemuda Indonesia, Ahmad Fanani, dalam perbincangan dengan redaksi, Jumat malam (1/8/2014).

 Selain berpengalaman dalam bidang ekonomi, Rizal Ramli juga dikenal dekat dengan tokoh-tokoh nasional, baik dari kalangan agama, LSM, ormas, dan para mahasiswa.

Kedekatannya dengan semua segmen masyarakat adalah modal sosial yang sangat penting bagi pejabat publik. Setidaknya, masukan, kritikan, dan juga aspirasi dapat dengan mudah diserap secara langsung.

"Tidak salah bila disebut bahwa Rizal Ramli adalah sahabat semua orang, teman semua kalangan. Indonesia butuh tipikal pemimpin seperti ini. Karena itu, siapa pun presidennya, Rizal Ramli sangat perlu dilibatkan. Ya, yang paling pas adalah menko perekonomian,” demikian Ahmad Fanani.

Penilaian serupa juga disampaikan pengamat politik senior Tjipta Lesmana beberapa hari lalu.

Dalam artikelnya, Tjipta memberikn catatan kritis mengenai sejumlah ekonom pro neoliberal yang berada di sekitar Joko Widodo dan Megawati Soekarnoputri.

Menurut Tjipta Lesmana, bila sungguh-sungguh ingin membangun ekonomi kerakyatan, Jokowi jangan mengajak ekonom neolib yang selama ini mengintai dirinya.

Rizal Ramli, sebut Tjipta Lesmana, adalah figur yang dapat dipercaya untuk memegang amanah di bidang ekonomi.[rmol/rgu]

Ganjar Pranowo Dilaporkan ke KPK, Apakah Prediksi Fahri Hamzah Terbukti?

Sebelumnya

Apple Kembali Alami Kenaikan Pendapatan, Kecuali di China Raya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa