post image
KOMENTAR
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Husni Kamil Manik meresmikan dimulainya tahapan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) serentak di sembilan provinsi dan 260 kabupaten/kota di gedung KPU Pusat, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (17/4).  

Turut hadir Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, perwakilan Komisi II DPR,  serta perwakilan dari TNI-Polri.

"Ini merupakan momentum untuk sinergitas kesuksesan pemilihan kepala daerah (Pilkada) pada 9 Desember mendatang," kata Husni dalam sambutannya.

Husni melanjutkan, KPU telah memberikan 10 draf peraturan pelaksanaan Pilkada kepada DPR dan mendagri. Dari 10 draf tersebut sebanyak tujuh draf peraturan masih dalam pembahasan di DPR yang kembali dilanjutkan Senin (20/4) mendatang.

Pihaknya berharap pembahasan drat Peraturan Pilkada bisa dirampungkan bulan ini sehingga KPU sebagai penyelenggara bisa menyosialisasikan ke publik dan para kandidat calon gubernur, wagub, walikota, serta wakil walikota yang diusung oleh partai politik.

"Ini target utama kami, penetapan peraturan bisa dilakukan di awal. Kita bersikeras untuk menyelesaikannya hingga akhir bulan ini agar tidak berlarut-larut," jelasnya.

Husni memastikan, KPUD dan Banwaslu telah siap untuk menyelenggarakan tahapan Pilkada.

Peresmian pilkada ini ditutup dengan pemukulan gong sebanyak sembilan kali.[hta/rmol]

Ganjar Pranowo Dilaporkan ke KPK, Apakah Prediksi Fahri Hamzah Terbukti?

Sebelumnya

Apple Kembali Alami Kenaikan Pendapatan, Kecuali di China Raya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa