post image
KOMENTAR
Kemampuan desa dalam mengelola potensi sumber daya alam harus bersamaan dengan kemampuan masyarakat dalam menjaga kualitas hidup sehat sebagai tanda kemapanan peradaban.

Begitu disampaikan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Marwan Jafar, Kamis (8/10).

Kesiagaan menghadapi potensi bencana, kata Menteri Marwan, menjadi bagian integral dari proses peningkatan kualitas pembangunan desa.

"Kementerian Desa mempersilahkan dana desa digunakan untuk menanggulangi bencana berupa membangun infrastruktur skala desa yang rusak," kata Menteri Marwan.

Sebuah bencana alam, kata Menteri Marwan, pada umumnya akibat ulah manusia yang suka merusak lingkungan, membakar hutan dan sebagainya. Menurut dia, hal ini harus ditindak.

"Memang ada juga bencana yang terjadi secara alami, namun akibatnya sebenarnya bisa diantisipasi jika kita punya sistem kesiagaan yang baik dalam perlindungan terhadap bencana,” ujar marwan.

Marwan menegaskan bahwa desa-desa adalah benteng terkuat dalam menekan dampak buruk bencana alam. Jika masyarakat desa disiplin menjaga lingkungan dan punya sistem tanggap darurat yang baik, maka seberapa pun bencana itu datang, maka akibatnya masih bisa ditekan dan dikendalikan.[rgu/rmol]

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ekonomi