post image
KOMENTAR
MBC. Aktivitas gunung api di Indonesia terus meningkat, termasuk Gunung Anak Krakatau.

Mengutip laman Badan Geologi Kementerian ESDM, tercatat Gunung Anak Krakatau telah mengalami erupsi pada kemarin petang (Sabtu, 18/9).

"Terjadi erupsi Gunung Anak Krakatau, Lampung, pada tanggal 18 Agustus 2018 pukul 18.09 WIB dengan tinggi kolom abu teramati ± 500 m di atas puncak (± 805 m di atas permukaan laut). Namun saat ini masih berstatus waspada," tulis Badan Geologi dalam laporan yang tertuang di situsnya seperti dipantau Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (19/8).

Badan Geologi menegaskan bahwa asap hitam yang muncul akibat erupsi tersebut condong bergerak ke arah utara. Erupsi tersebut diketahui berlangsung sekitar 2 menit.

"Kolom abu teramati berwarna hitam dengan intensitas tebal condong ke arah utara. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 42 mm dan durasi ± 2 menit 33 detik," tambah keterangan itu.

Mengingat statusnya yang berada pada tingkat waspada, Badan Geologi mengimbau masyarakat atau wisatawan tidak mendekat dalam jarak radius 2 kilometer dari kawah. [rmol]
 

Ramaikan Asian Games, IKA USU Jakarta Konsolidasi di CFD

Sebelumnya

NTB Kembali Diguncang Gempa 6,5 SR

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Sosial