post image
Foto/Net
KOMENTAR

Tamat dan selesai di bangku SMA, fase yang berikutnya adalah memasuki dunia baru yaitu perkuliahan. Tak lagi memakai seragam, nama tempat belajar pun punya nama baru yaitu kampus, pengajar yang biasa di SMA dinamakan ibu dan bapak guru, maka sebutan bapak dan ibu Dosen akan dijumpai di dunia perkuliahan. Berbagai tantangan dan hal baru akan ditemukan saat memasuki dunia baru perkuliahan. Sebagai mahasiswa baru harusnya kamu punya persiapan dalam menghadapi tantangan dan hal baru tersebut, lantas apa saja yang harus dimiliki sebagai persiapan dalam menghadapi menjadi mahasiswa baru. Berikut ini hal - hal yang perlu dipersiapkan, antara lain :

1. Management Waktu

Banyak hal baru dan tak terduga yang akan terjadi saat kamu memasuki dunia perkuliahan. Termasuk diantaranya deadline tugas yang biasanya di SMA bisa dikerjakan dengan santai, namun tidak di dunia perkuliahan. Bisa saja dosen akan memberikan runtutan tugas yang padat kepada kamu, maka hal yang terbaik mengatur waktu dalam mengerjakan tugas tersebut karena selain tugas akan banyak aktivitas lainnya di kampus seperti jadwal perkuliahan, kegiatan ekstrakulikuler kampus atau jadwal belajar kelompok.

2. Mental

Sebagai mahasiswa baru, kebiasaan yang ada di SMA yaitu "tersedia dan disuapi" akan berbading terbalik dengan dunia kampus. Kamu harus memiliki kemandirian, pola pikir yang lebih dewasa dalam menghadapi permasalahan yang ada di kampus. Sikap dan perilaku sebagai orang yang akan memiliki latar belakang pendidikan dengan perguruan tinggi juga mulai dibangun, harus ada perbedaan yang mendasar saat sebagai kamu masih bersatatus SMA adan mahasiswa. Tidak seperti di SMA dimana kamu dapat bernegosiasi mengenai tugas dengan guru, di kampus negosiasi dengan dosen bukanlah hal yang mudah.

3. Sistem belajar

Perbedaan akan terjadi 180 derajat untuk sistem belajar di dunia kampus. Kamu yang terbiasa diberikan hal detail dan runutan yang jelas, tidak halnya untuk di duania kampus. Dosen yang hanya memberikan kulit luar dari satu materi kuliah, maka tuga kamu secara kemandirian dan keaktifan untuk mencari tambahan ilmu dan literatur dalam mendukung materi kuliah yang diberikan. Untuk menghadapi hal ini maka dibutuhkan kecermatan kamu untuk mencatat, buat serapi mungkin dan mencatat hal detail yang mungkin akan mendukung materi kuliah yang diberikan. Buatlah sistem belajar yang dapat mempermudah kamu, sehingga saat membaca ulang setiap cacatan yang ada akan membantu kamu memahami catatan yang telah kamu buat.

4. Semangat

Selain mental, kemandirian, memiliki sikap semangat untuk berjuang dan semangat belajar menjadi mahasiswa adalah hal yang teramat penting. Berbagai kendala, hal baru dan aktivitas yang baru juga menjadi tantangan yang akan dihadapi oleh mahasiswa baru. Perjuangan dan semangat dalam menghadapi berbagai akan terjadi di bangku perkuliahan tidak akan sama dengan SMA, namun dengan hal tersebut harusnya dapat membangkitkan api semangat yang ada dalam jiwamu.[krm]

Film Indonesia yang Wajib Ditonton Minggu Ini

Sebelumnya

Rekomendasi Tempat Wisata Air Terjun di Malang

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Lifestyle