post image
Foto/Net
KOMENTAR

Interview adalah fase yang bisa dikatakan enggak mudah dan cukup menegangkan. Banyak para pelamar kerja yang tidak lolos menghadapi fase wawancara dikarenakan tidak memberikan kesan yang cukup baik untuk interviewer. Lantas hal seperti apa sih yang sebenarnya yang harus dilakukan untuk memberikan impress yang baik saat interview. Berikut ini ada 5 hal yang bisa menjadi catatan kamu saat sebelum melakukan interview.

1. Memiliki keunikan dan ciri khas personal

Saat proses interview, kecerdasan bukan satu-satunya yang dilihat dan diperhitungkan. Gampang ceria, seakan-akan gak ada masalahh atau bahkan ketegangan yang ada dari dalam diri gak keliatan sama sekali. Bahkan saat sesi wawancara cobalah untuk diselingi dengan lelucon yang wajar dan membuat interviewer tertawa.

2. Antusias Tinggi

Wajar apabila perusahaan atau tempat kerja mana pun menyukai orang-orang yang punya antusias tinggi. Pelamar kerja yang memiliki antusias tinggi selalu mendapatkan hak istimewa untuk diterima. Sifat ini berkaitan dengan seberapa besar keingintahuanmu untuk mendalami pekerjaan. Termasuk hal-hal yang membuatmu ingin bertahan lama.

3. Percayalah dengan Kemampuanmu Sendiri

Pewawancara akan mendapatkan impresi baik saat interview andaikan memenuhi standar kualifikasinya. Itulah kenapa sebelum kamu membidik sebuah posisi, tanyakan pada diri sendiri, “Apakah saya mampu bekerja di posisi ini?” Mampu atau enggak itu tergantung keahlianmu dalam bidang tersebut. Tampilkan bahwa kamu memang menguasainya.

4. Bahasa tubuh selalu jadi kunci

Enggak ada salahnya kalau kamu belajar banyak dulu soal ilmu psikologi, termasuk bahasa tubuh, sebelum pergi melamar kerja. Salah satu kunci terbesar berhasilnya melewati sesi wawancara adalah karena ini. Mulutmu bisa saja berdusta, tapi bahasa tubuhmu selalu jujur. Pihak pewawancara akan tahu kejanggalan itu.

5. Bicaralah sejujur mungkin

Wawancara itu soal tes psikologi. Jujur atau berbohong akan mudah tampak. Kadang-kadang ada bagian yang berkaitan kisah hidupmu. Nah, lewati bagian itu dengan jujur dan ringkas. Dengan bicara apa adanya, kamu akan lebih percaya diri.

Ceritakan hal-hal yang selalu membuatmu semangat menjalankan hari-hari. Bukan kisah sedih.

6. Tunjukkan kalau kamu sungguh-sungguh menginginkan posisi itu.

Untuk membuat interviewer terkesan, maka trik ini wajib kamu terapkan. Kesan sungguh-sungguh itu akan tampak saat kamu ditanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan posisi pekerjaan dan perusahaan. Seorang pelamar yang sungguh-sungguh pasti akan mencari tahu sebanyak mungkin informasi tentang hal-hal tersebut. Jadi saat ditanya pun nggak canggung.

Itu dia hal yang dalam wawancara, dimana yang dibutuhkan sebenarnya adalah kemampuan psikologis, bukan kemampuan dalam bekerja. Karena kemampuan dalam bekerja akan diminta dan dipakai oleh perusahaan begitu sudah diterima bekerja di satu perusahaan.[krm]

Perempuan Sering Sekali Merasakan 5 Masalah Kecantikan Ini

Sebelumnya

Orangtua Wajib Memahami Tips Bahagiakan Anak

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Lifestyle