post image
Kampus Pancabudi/MedanBagus
KOMENTAR

Kampus Pancabudi telah menjadi pilihan para calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikannya di kota Medan. Terbukti dengan jumlah pendaftar di kampus ini yang mencapai angka 4000an. Pancabudi mampu bersaing dengan Kampus swasta lain di kota Medan, baik dalam hal akademis, fasilitas dan teknologi.

Dijelaskan oleh Bapak Samrin, S.E.,M.M, selaku Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan. “Unpab ini sudah lama berdiri sekitar Tahun 1956. Diawal jumlah mahasiswa di kampus ini hanya sekitar 200 orang. Dan saya sempat kenal dengan semua mahasiswa. Kemudian adanya peningkatan, ini terjadi sekitar tahun 2005 setelah Pak Isa (Rektor Universitas Pembangunan Pancabudi) menjabat sebagai rektor sampai dengan sekarang”.

”Beliau (rektor) mulai membuat perubahan yang diawali dengan membuat rencana strategis, melakukan evaluasi diri dan menyususun program—program pengembangan. Diikuti dengan tindakan real yakni dengan mengirim bebebrapa dosen dan para staff untuk mengikuti beberapa pelatihan, workshop,dll. Dan tidak lupa memperbaiki dan menambah beberapa fasilitas”, kata Samrin kepada tim MedanBagus di Kampus Pancabudi, Rabu (7/8/19).

Tahun 2006 kampus ini mengalami lonjakan prestasi diantaranya, beberapa prodi memperoleh akreditasi B dan jumlah pendaftar mahasiswa baru meningkat yakni diangka 450 calon mahasiswa baru. Begitu pula tahun selanjutnya, selalu ada peningkatan prestasi. Dan mulai menjalin kerjasama dengan beberapa instasi.

”Selama 4 tahun kitamendapat bantuan tenaga ahli dari Kemenristekdikti untuk membantu tata kelola kampus, yang efeknya adanya perkembangan yang baik. Akreditasi kita bagus dan prestasi kita semakin baik, para teaga pengajar juga mulai ikut pengabdian masyarakat, dan banyak efek baik lainnya”, jelas Samrin.

Tahun 2015 Pancabudi termasuk salah satu Universitas Swasta terbaik di Sumatera Utara. Menempati rangking 94 secara nasional, versi dari Kemenristekdikti. Pada tahun yang sama peningkatan mahasiswa sangat signifikan mencapai jumlah 3000an mahasiswa. Dan tahun lalu jumlah mahasiswa sekitar 4200an mahasiswa. Ini membuktikan jika Kampus ini telah menjadi pilihan di kota Medan. Bahkan tahun ini akan dibatasi di angka 4000an saja. Jika melebihi maka kita akan melakukan seleksi yang lebih ketat.

Ada beberapa Fakultas di Kampus ini, Fakultas Sosial Sains, Fakultas Sains dan Teknologi, dan Fakultas Agama Islam dan Humaniora. Semua akreditasi Program Studi adalah B dua diantaranya yakni Akuntansi dan Ekonomi Pembangunan telah memiliki akreditasi A. Sepertinya kedua prodi ini akan menjadi pilihan yang diminati tahun ini.

Kampus ini juga menawarkan beberapa jenis beasiswa. Karena memang pihak kampus sangat peduli terhadap kesejahteraan mahasiswanya. Tidak hanya beasiswa, kampus juga menyediakan tempat untuk mahasiswa yang ingin mengembangkan kreatifitasnya. Misalnya, dalam hal kewirausahaan. Kampus menyediakan wadah khuhus untuk mereka menyalurkan dan memasarkan produk tapi dengan pembinaan terlebih dahulu. Begitu juga dengan unit kegiata mahasiswa lainnya. [dar]

Peduli Akademik menjadikan Kampus UMA Sebagai Pilihan

Sebelumnya

Universitas Medan Area (UMA), Kampus Unggul dan Berprestasi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Pendidikan