post image
Net
KOMENTAR

Aplikasi sosial media Instagram memiliki dampak buruk. Sosial media untuk berbagi foto ini penggunanya mulai dari remaja sampai dewasa.Timbulnya kecemasan yang tinggi menjadikan pengguna instagram bisa terkena gangguan pada kesehatan mental dan jiwa.

Instagram memiliki keistimewaan khusus untuk penggunanya, karena platform ini bisa mewakilkan pengguna untuk menampilkan postingan seperti lokasi yang bagus, ekspresi diri, bahkan tak jarang instagram digunakan untuk menghasilkan uang. Tapi dibalik itu semua, sosial media ini bisa menjadi tempat untuk bullying yang mengakibatkan depresi.

Menurut survey dari laman websindo, 80% penduduk Indonesia aktif menggunakan instagram. Sedangkan untuk penggunanya ada di sekitar usia 18-34 tahun. Dan biasanya pengguna bisa menghabiskan lebih dari 2 jam dalam sehari melihat instagram miliknya.

Tak melulu soal dampak buruk. Instagram juga memiliki manfaat seperti dapat membentuk komunitas, digunakan untuk online shop, dan menampilkan foto terbaik yang menggambarkan tentang diri pengguna. Juga instagram bisa digunakan untuk membantu kegiatan sosial.

Tapi jika pengguna telah membuka aplikasi ini dalam waktu yang lama, di khawatirkan bisa mengalami tekanan psikologis. Rasa tidak mau tertinggal dengan berita terbaru mampu membuat menjadi semakin ketergantungan pada sosial media ini.

Hal terburuk yang dialami ialah tingkat depresi dan kecemasan diri saat ketinggalan memposting hal-hatl yang baru dan menarik. Pengguna juga khawatir berlebih saat melihat teman atau rekan di sosial medianya memperlihatkan saat sedng liburan atau sekedar makan di tempat mewah. Ia akan merasa menjadi orang yang ketinggalan.

Terkadang, sosial media juga memberikan harapan yang tidak realistik sehingga tercipta rasa tidak percaya diri. Kemudian akan muncul postingan yang menggunakan banyak editan foto agar terlihat sempurna.

Ini yang menjelaskan kenapa instagram menjadi buruk bagi kesehatan mental. Jika semakin banyak pengguna instagram di kalangan remaja. Maka akan semakin sering rasa cemas tumbuh pada diri mereka. Hal ini akan membuat mereka mengalami depresi dan akhirnya akan berimbas pada kegiatan yang mereka lakukan sehari-hari.

Untuk itu, kita perlu melakukan pengendalian pada sosial media. Gunakan waktu seminim mungkin dalam berselancar di instagram. Dan gunakanlah instagram untuk hal yang positif. Karena akan sulit menyembuhkan jika telah kecanduan. [dar]

7 Destinasi Wisata Alam Paling Mengesankan di Bali

Sebelumnya

Putri Indonesia 2019 Memeriahkan Soft Launching dan Fashion Show FALCHRIS

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Lifestyle