post image
KOMENTAR

Tiga dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) yang menyelesaikan pendidikan S3 pada periode Tahun Ajaran 2019/2020 menyampaikan Orasi Ilmiah di hadapan ratusan civitas akademika FISIP UMSU, di Auditorium UMSU, kemarin.

Ketiga Doktor baru itu adalah Dr Puji Santoso, MSP, Dr Irwan Syari Tanjung MAP, dan Dr Ribut Priadi, MIKom.

“Kami senang, karena FISIP mendapat tambahan tiga doktor baru lagi. Ini akan menambah kekuatan di prodi, fakultas dan juga universitas,” kata Dekan FISIP, Dr Arifin Saleh, MSP.

Lebih lanjut disampaikannya, kegiatan seperti ini sudah menjadi tradisi ilmiah di FISIP UMSU. Disebutnya, setiap ada dosen yang menyelesaikan studi doktor, diberi kesempatan di hadapan publik untuk menyampaikan orasi ilmiah berupa hasil penelitian disertasinya.

“Orasi ilmiah doktor baru kali ini semua bertema tentang komunikasi, karena kebetulan mereka bertiga adalah dosen di Prodi Ilmu Komunikasi,” sebutnya.

Dalam orasi itu, Dr Puji Santoso memaparkan hasil penelitian disertasinya berjudul Konstruksi Realitas Pemberitaan Media tentang Front Pembela Islam: Model Pembingkaian Pemberitaan Stasiun Televisi Berita Metro TV, Kompas TV, dan TVOne tentang Front Pembela Islam periode 2016-2017.

Dr Irwan Syari Tanjung memaparkan disertasi berjudul Kompetensi Komunikasi Antarbudaya dalam Pengembangan Wisata Religi Makam di Kabupaten Tapanuli Tengah.

Dr. Ribut Priadi, memaparkan Teror ISIS di Indonesia dalam Bingkai Media Online dan Implikasinya terhadap Persepsi Pembaca Mengenai Negara Islam.

Kegiatan yang dipandu Ketua Prodi Kessos, Mujahiddin, MSP disambut antusias mahasiswa dan dosen. Apalagi Orasi Ilmiah Doktor Baru tersebut menjadi salah satu kegiatan puncak Milad ke-48 FISIP UMSU yang diperingati 20 Februari kemarin.

“Kajian-kajian hasil penelitian disertasi para doktor baru ini sangat menarik. Kita berharap, disertasi ini bermanfaat bagi institusi dan masyarakat luas,” ujar Mujahiddin.

Disambung Arifin, sebenarnya Fisip UMSU masih ada satu lagi doktor baru , yakni D. Faustyna yang baru saja menyelesaikan studi S3 dari Ilmu Komunikasi Unpad Bandung.

“Tapi, karena masih ada di luar kota, yang bersangkutan tidak ikut menyampaikan orasi ilmiah,” ungkapnya.

Dengan tambahan empat doktor baru ini, sekarang FISIP sudah memiliki 14 doktor. Sementera saat ini, ada 19 dosen FISIP yang sedang studi S3. “Jika tiga tahun ke depan semua menyelesaikan studinya, maka dosen dengan pendidikan doktor di FISIP mencapai 75 persen,” pungkas Arifin.

Sekolah Ditutup 14 Hari, Gubernur Edy Rahmayadi: Belajar Dirumah

Sebelumnya

Imbas Corona, SMA/SMK Di Sumut Mulai Belajar Mandiri Di Rumah

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Pendidikan