post image
KOMENTAR
Wakil Ketua DPRD Medan, Ikrimah Hamidy menyebutkan, permasalahan klasik seperti banjir yang kerap terjadi di Kota Medan sudah demikian kompleks.

Selain banyaknya tumpukan sampah di setiap selokan yang menyebabkan penyumbatan, pendangkalan sungai dan parit akibat sendimentasi serta hilangnya daerah tangkapan air seperti sawah, rawa dan hutan bakau, turut andil melengkapi persoalan yang dirasakan masyarakat dikala hujan deras mengguyur kota ini.

Ikrimah menilai, dengan semakin berkurangnya ruang terbuka hijau (RTH-red) yang ada saat ini, serta koneksi antara drainase tidak terhubung dengan baik, akhirnya membuat genangan air di ruas-ruas jalan kota, baik protokol maupun non protokol menjadi tidak terelakkan.

"Ini persoalan klasik di zaman modern," ujar Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini, kepada MedanBagus.Com, di Medan, Kamis (10/10/2013).

Dia menyarankan kepada Pemerintah Kota (Pemko) Medan, agar sebaiknya melakukan pemetaan ulang terhadap kondisi drainase peninggalan Belanda dengan zaman sekarang ini. Sehingga hal itu dapat menjadi acuan dalam pembangunan kota ini ke depannya.

"Tidak ada salahnya bila peta drainase peninggalan Belanda itu dipelajari kembali. Apalagi melihat kondisi tata kota dan tata bangunan di Medan saat ini semakin amburadul. Meskipun secara pembangunan terlihat maju, tapi kalau dampak pembangunannya tidak dipikirkan juga, maka beginilah kejadiannya," ungkapnya. [ded]

Himbauan senada juga diutarakan Pimpinan DPRD Medan lainnya, Sabar S Sitepu, yang mengatakan agar masyarakat kota Medan dapat membiasakan diri untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Namun, politisi Golkar Kota Medan ini menilai, upaya antisipasi banjir yang dilakukan Pemko Medan dengan pengorekan parit akan terasa sia-sia, apabila tidak dibarengi sosialisasi yang intens kepada masyarakat.

"Jika pengorekan parit tanpa diikuti sosialisasi kepada masyarakat, maka tidak akan timbul rasa kesadaran untuk tidak membuang sampah ke dalam parit, saya yakin parit akan dipenuhi sampah lagi," ujarnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Walikota Medan Drs Dzulmi Eldin MSi menjelaskan, pengorekan parit dilakukan untuk mengembalikan fungsi parit maupun drainase. Parit dan drainase selama ini tidak berfungsi akibat mengalami sendimentasi dan dipenuhi sampah rumah tangga menyebabkan banjir. Karena itulah Eldin pun berharap setelah pengorekan dilakukan, warga tidak membuang sampah ke parit lagi.

"Saya minta warga untuk saling menjaga dan mengingatkan saudara-saudaranya agar tidak membuang sampah ke dalam parit lagi. Sebab, kita yang langsung merasakan efek yang ditimbulkan akibat membuang sampah sembarangan tersebut. Apapun upaya yang kita lakukan jika tidak mendapat dukungan dari warga tentunya tidak akan membuahkan hasil. Jadi antara pemerintah dan masyarakat harus saling bersinergi," ujar Eldin. [ded]

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Komunitas