post image
KOMENTAR

Sidang paripurna pembacaan pemandangan umum fraksi-fraksi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan atas nota pengantar kepala daerah terhadap rancangan peraturan daerah (Ranperda) perubahan anggaran pendapatan belanja daerah (P-APBD) 2014 batal digelar.

Sejumlah Fraksi menolak membacakan pandangan umum karena banyaknya pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang tidak hadir dalam paripurna yang digelar di gedung dewan Jalan Kapten Maulana Lubis Medan Jum'at (25/7/2014). Seperti Fraksi Partai Demokrat, Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Fraksi Golkar, Fraksi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan yang paling protes atas minimnya kehadiran Pimpinan SKPD.

Ketua Fraksi Partai Demokrat, Herri Zulkarnain menegaskan tidak ada gunanya membacakan Pemandangan Umum karena tidak ada yang mendengarkan.

"Tidak perlu kami membaca pemandangan umum fraksi demokrat, karena hanya akan membuang tenaga," katanya.

Untuk itu, anggota dewan yang duduk di Komisi C itu langsung memberikan pandangan umum fraksinya kepada Ketua DPRD Kota Medan selaku pimpinan sidang, untuk selanjutnya diserahkan kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Medan.

Apa yang dilakukan Herri itu mendapat apresiasi dan tepuk tangan dari seluruh anggota dewan yang hadir dalam sidang paripurna tersebut.

Sementara itu, Fraksi Partai Damai Sejahtera (FPDS) DPRD Medan melalui juru bicaranya Budiman Panjaitan bersedia membacakan pandangan umum atas Ranperda P-APBD. Namun, Budiman memberikan catatan penting kepada Walikota Medan, Dzulmi Eldin yang diwakili Sekda Kota Medan, Syaiful Bahri.

"Pak Sekda, kejadian ini sangatlah miris. Walaupun begitu saya akan tetap membacakan pemandangan umum, karena ini tata tertibnya. Fraksi PDS meminta agar kejadian seperti ini jangan sampai terulang kembali," kata Budiman.

Sekda Kota Medan, Syaiful Bahri yang hadir dalam sidang paripurna itu sempat kelabakan dengan permintaan anggota dewan.

"Sebentar, saya coba hubungi pimpinan SKPD," kata Sekda.

Sementara itu, Kabid Program Dinas Pertamanan, Rahmat Sinuraya mengatakan dirinya menghadiri sidang paripurna untuk mewakili Kadis Pertamanan yang berhalangan hadir.

"Saya cuma diminta menghadiri mewakili Pak kadis," bilangnya.

Untuk diketahui, Pimpinan SKPD yang hadir dalam sidang paripurna kali ini diantaranya, Kepala Bappeda Kota Medan, Zulkarnain. Kepala BPKD Kota Medan, Irwan Ritonga.Kepala Dinas P2K Kota Medan, Marihot Tampubolon.[rgu]

LPM dan FKM USU Gelar Edukasi Kesahatan dan Pemberian Paket Covid 19

Sebelumnya

Akhyar: Pagi Tadi Satu Orang Meninggal Lagi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Peristiwa