post image
KOMENTAR
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) siap menelusuri rekam jejak calon menteri kabinet capres terpilih Joko Widodo (Jokowi). Termasuk, menelusuri harta kekayaan yang dimiliki.

"Belum ada permintaan sampai saat ini, tapi KPK siap," kata juru bicara KPK Johan Budi seperti dilansir Kantor Berita Politik Rakyat Merdeka Online.

Dikatakan Johan, KPK siap melakukan hal itu jika memang telah ada permintaan. Termasuk siapa saja nama kandidat menterinya. Dari situ, KPK akan memberikan paparan apakah kandidat dimaksud masuk dalam kategori bersih atau tidak.

"Harus dilihat dulu kandidatnya siapa, KPK bisa mengatakan misalnya orang ini pernah diperiksa untuk kasus apa," terangnya.

Lanjut Johan, KPK berharap Jokowi dapat menepati janji-janjinya terkait dukungan terhadap pemberantasan korupsi. Hal itu mengemuka lantaran saat ini marak obral pemberian pembebasan bersyarat maupun remisi kepada koruptor oleh pemerintah. Padahal, hal itu tidak sejalan dengan upaya pemberantasan korupsi di Indonesia.

"Kami akan tagih apakah presiden baru menjalankan apa yang dijanjikan dalam kampanye-kampanyenya. Tidak sekedar (mengimbau) Menkumham tapi presiden baru," pungkasnya.

Sebelumnya, Jokowi akan meminta lembaga berwenang menelusuri kekayaan calon menterinya. Pihaknya mengaku telah meminta secara khusus kepada KPK dan Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan menelusuri asal harta calon menterinya. Permintaan ditenggarai buntut kekhawatiran Jokowi lantaran marak pejabat dan menteri yang terjerat kasus korupsi. [hta/rmol]

Ganjar Pranowo Dilaporkan ke KPK, Apakah Prediksi Fahri Hamzah Terbukti?

Sebelumnya

Apple Kembali Alami Kenaikan Pendapatan, Kecuali di China Raya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa