post image
KOMENTAR
Setelah menunggu 28 tahun, akhirnya Sumatera Utara akan memiliki tol lain selain Belmera (Belawan-Medan-Tanjungmorawa) yang selesai dibangun pada tahun 1986. Kejelasan pembangunan tol Sumatera Utara dipastikan dengan diresmikannya pembangunan jalan tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi oleh Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto di Lubukpakam, Selasa (23/9/2014).

Gubernur Sumatera Utara H Gatot Pujo Nugroho, ST, MSi dalam peresmian itu mengingatkan Panitia Pembebasan Tanah (P2T) di masing-masing kabupaten yang akan menjadi areal pembangunan jalan tol harus bekerja ekstra, agar proses pembangunan fisik jalan tidak terkendala. Sehingga tahun 2017 mendatang sudah mulai beroperasi.

"Baru 35 km atau 80 persen lahan yang sudah clear, keberhasilan pembangunan jalan tol ini sangat ditentukan oleh panitia pembebasan tanah. Saya minta Ketua P2T yaitu Sekda masing-masing daerah agar terus saling mengingatkan," ujar Gubsu.

Gubsu mengatakan, dengan adanya Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing maka akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Gubsu mengatakan, bayangkan saja belum adanya jalan tol itu pertumbuhan ekonomi di Sumut saja sudah bisa melebihi angka nasional. Seperti diketahui bahwa pertumbuhan ekonomi Sumut mencapai 6,01%.

"Memang kita belum ada data akurat seberapa besar naiknya pertumbuhan ekonomi di Sumut kalau Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi sudah jadi nanti," katanya.

Hari ini, Menteri PU, Djoko hadir di Deli Serdang untuk acara Peletakan Batu Pertama Pembangunan Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebinggi dan Peresmian Infrastruktur Pekerjaan Umum di Propinsi Sumatera Utara dan Aceh, Deli Serdang.[rgu]

Pemprov Sumut Segera Bagikan Rp. 260 Miliar Bantu Warga Terdampak Covid 19

Sebelumnya

Kadispar: Kalau Ada yang Bandel tak Ada Rasa Kemanusiaannya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Pemerintahan