post image
KOMENTAR
Tambang Emas Martabe meluncurkan program 'Pengembangan Kapasitas Guru Bahasa Inggris' di SMK Negeri 2 Batangtoru atau SMK Pertambangan, Sipenggeng, Kecamatan Batangtoru, Senin (29/9/2014).

 Hadir di acara ini Bupati Tapanuli Selatan, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tapanuli Selatan, Muspika Kecamatan Batangtoru dan Muara Batangtoru, Koordinator Pengawas (Korwas) Pendidikan, Dewan Pendidikan Tapanuli Selatan dan perwakilan Manajemen Tambang Emas Martabe.

Tambang Emas Martabe menggandeng sebuah lembaga pendidikan bahasa Inggris terkemuka, British Council, untuk mengadakan program satu tahun bersifat Pelatihan bagi Pelatih (Training of Trainers) peningkatan kualitas pemahaman dan pengajaran guru Bahasa Inggris yang mengajar di SMP, SMA, dan SMK di Kecamatan Batangtoru dan Muara Batangtoru.

Tujuh belas guru Bahasa Inggris telah terdaftar mengikuti program ini. Program pelatihan intensif ini dilaksanakan secara tatap muka dan on-line dengan menggunakan metode umum digunakan dalam pembelajaran Bahasa Inggris di Eropa (Common European Framework) yang terdiri dari beberapa level. Pada tahap awal, para guru   diberikan tes penempatan level. Para guru yang berada pada level kompetensi dasar (A1) dibimbing dalam waktu untuk meningkatkan kompetensinya ke tingkat menengah (B1).
 
British Council akan menyediakan bahan-bahan materi pelatihan, baik untuk pelatihan secara online maupun tatap muka. Untuk pelatihan secara online, Tambang Emas Martabe memfasilitasi ruangan, komputer dan akses internet bagi para guru setiap hari Sabtu. Ruangan yang digunakan untuk keperluan ini adalah ruangan pelatihan staf yang berada di kompleks Tambang Emas Martabe. Pelatihan secara online ini akan dipandu secara intensif oleh 2 karyawan Tambang Martabe dari Departemen Training and Development.
 
"Pelatihan secara tatap muka dilakukan sebanyak tiga kali dalam setahun. Dalam setiap pelatihan, para guru akan menjalani program secara intensif selama sepuluh hari," kata
Senior Manager Corporate Communications, Katarina Siburian Hardono melalui rilisnya.
 
Ahmad Buchori, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tapanuli Selatan menyambut baik perwujudan program tanggung jawab sosial di bidang pendidikan dari Tambang Emas Martabe. Program ini sangat membantu para guru untuk meningkatkan kualitas mereka dalam mengajar Bahasa Inggris untuk siswa didik yang pada akhirnya diharapkan akan meningkatkan kemampuan dan daya saing SDM generasi muda Tapanuli Selatan.

"Program pelatihan guru Bahasa Inggris, kerjasama antara Dinas Pendidikan Tapanuli Selatan dan Tambang Emas Martabe adalah yang pertama diadakan di Kabupaten Tapanuli Selatan. Yang berbeda dari program ini adalah pelatihan secara online, yang umumnya hanya melalui tatap muka saja," ungkapnya.

Di tahap awal hanya diperuntukkan bagi guru-guru di Kecamatan Batangtoru dan Muara Batangtoru. Namun kedepannya guru-guru di wilayah lain juga diharapkan akan mendapatkan pelatihan yang sama.[rgu]

LPM dan FKM USU Gelar Edukasi Kesahatan dan Pemberian Paket Covid 19

Sebelumnya

Akhyar: Pagi Tadi Satu Orang Meninggal Lagi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa