post image
KOMENTAR
Kepala PVMBG Badan Geologi telah melaporkan kepada Kepala BNPB dan BPBD bahwa telah terjadi letusan Gunung Soputan di Kabupaten Minahasa Tenggara, Provinsi Sulawesi Utara pada tanggal 6 Januari 2015 pukul 02:47 WITA. Hasil pengamatan visual dari Pos Pengamatan Gunungapi Soputan di Desa Silian Tiga (10km di sebelah Baratdaya Puncak Gunung Soputan), teramati kolom letusan berwarna kelabu tebal kehitaman dengan tekanan kuat dan estimasi ketinggian kolom letusan mencapai sekitar 6.500m di atas puncak Gunung Soputan. Saat letusan, angin condong ke arah timur-tenggara. Aliran lava teramati mengarah ke lereng Barat-Baratdaya sekitar 2.000 m dari puncak Gunung Soputan.

"Status tetap Siaga (level 3) radius steril 6,5 km dari puncak G. Soputan. Belum perlu ada pengungsian. Kondisi masyarakat normal dan tetap beraktivitas seperti biasa," demikian disampaikan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, Senin (6/1/2015)

Sementara itu status Gunung Slamet di Jawa Tengah telah diturunkan menjadi Waspada (level 2) dari Siaga (level 3) sejak 5-1-2015 pukul 16.00 wib karena terjadi penurunan aktivitas vulkanik dan seismisitasnya.

Sedangkan aktivitas Gunung Sinabung masih tinggi dan masih berpotensi terjadi erupsi disertai luncuran awan panas. Masyarakat diminta tetap mentaati rekomendasi dari PVMBG.[rgu]

LPM dan FKM USU Gelar Edukasi Kesahatan dan Pemberian Paket Covid 19

Sebelumnya

Akhyar: Pagi Tadi Satu Orang Meninggal Lagi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Peristiwa