post image
KOMENTAR
Meskipun belum diketahui secara pasti kapan budaya lalapan menjadi tradisi masyarakat Sunda, setidaknya catatan historis dalam Prasasti Taji pada abad 10 M dapat menjawabnya.

"Dalam Prasasti Taji tahun 901 Masehi, disebut sebuah nama sajian atau makanan bernama Kuluban Sunda yang artinya lalap," papar sejarawan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Pandjajaran yang juga penggiat Kajian Makanan, Fadly Rahman di Bandung, Minggu (1/2).

Ia menjelaskan pula bahwa lalapan orang Sunda tidak hanya berupa dedaunan seperti daun singkong dan pepaya serta selada, Namun juga umbi-umbian seperti kunyit dan kencur.

Jenis makanan lalap lain yang dikonsumsi masyarakat Sunda tahun 1930-an, menurut dia, adalah mentimun, leunca, kenikir, honje atau combrang serta buah nangka dan petai.

Selain menyebut soal lalap Sunda, Prasasti Taji juga memuat tulisan tentang hidangan lain yang antara lain dimasak dari 57 karung beras, enam kerbau, 100 ayam, dan makanan yang diasinkan, serta berbagai macam tuak dari jnu, bunga campaga, dan bunga pandan.

"Berbagai makanan terdapat pada peninggalan sumber-sumber tulisan seperti prasasti dan naskah di Jawa Tengah dan Jawa Timur sejak abad ke-10 menyebut-nyebut berbagai nama makanan yang hingga kini masih eksis," katanya mengutip dari RMOL Jabar.Com.

Jenis makanan yang disebut dalam sumber-sumber tertulis pada abad ke-10, menurut dia, antara lain sambel, pecel, pindang, rarawwan (rawon), rurujak (rujak), dan kurupuk, minuman dawet, wajik dan dodol.

"Kekhasan ini berhubungan erat dengan wacana pencitraan makanan melalui pengakuan budaya etniknya. Bila ditelusuri jejak kultur historisnya, pengakuan khas hidangan etnik tertentu dalam bisnis restoran akan menjadi basis citra cita rasa apa yang mesti dipertahankan," katanya.[hta/rmol]

Berhasil Kumpulkan Dana Rp 30 Juta, Pemkot Palembang Sumbang Untuk Beli APD Tenaga Medis

Sebelumnya

Virus Corona Menjadi Alasan Deretan Pasangan Artis Ini Tunda Pernikahan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Ragam