post image
KOMENTAR

Beberapa istilah yang digunakan seputar merebaknya wabah corona masih kerap membuat masyarakat kebingungan bahkan memicu kekhawatiran. Istilah yang digunakan tersebut diantaranya yakni Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Suspect Corona.

Kementerian Kesehatan mengatur pengistilahan itu. Tujuannya agar memudahkan pemahaman masyarakat, menghindarinya, sekaligus agar tidak memantik kegaduhan.

Jika anda merupakan salah satu diantara warga yang belum memahami istilah-istilah tersebut, berikut penjelasan sebagaimana yang dikutip dari Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provinsi Sumatera Utara.

ODP atau Orang Dalam Pemantauan. Seseorang dikatakan masuk dalam ODP apabila dia sempat bepergian ke negara lain yang merupakan tepmat penyebaran virus corona. Anda juga masuk sebagai ODP apabila pernah melakukan kontak dengan pasien positif virus corona. Orang yang masuk dalam kelompok ini adalah mereka yang belum menunjukkan gejala sakit.

PDP atau Pasien Dalam Pengawasan. Orang yang masuk dalam kategori ini, sudah dirawat oleh tenaga kesehatan (menjadi pasien) dan menunjukkan gejal infeksi virus corona, seperti demam, batuk, pilek, dan sesak nafas.

Suspect. Orang yang masuk dalam kategori ini yakni diduga kuat terjangkit virus corona dengan menunjukkan gejala, seperti demam, batuk, pilek, dan sesak nafas, serta pernah melakukan kontak langsung dengan pasien positif virus corona.

Status ODP, PDP, dan Suspect, didapat dari proses penelusuran yang dilakukan pemerintah dengan mengaitkan data-data di lapangan.

Orang yang masuk sebagai salah satu dari ketiga kelompok tersebut, akan diberitahu oleh petugas kesehatan terkait, dan umumnya diinstruksikan untuk menjalani karantina selama 14 hari.

Nah, apakah anda masuk di 3 kategori? jika tidak maka silahkan atur pola hidup sehat, mencuci tangan, hindari keramaian, dan lainnya agar anda terhindar dari Corona.

Berhasil Kumpulkan Dana Rp 30 Juta, Pemkot Palembang Sumbang Untuk Beli APD Tenaga Medis

Sebelumnya

Virus Corona Menjadi Alasan Deretan Pasangan Artis Ini Tunda Pernikahan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Ragam