post image
KOMENTAR
Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara  menahan Direktur CV Bina Husada Wan Kek Ali Sumitro, rekanan RSUD Perdagangan Kabupaten Simalungun yang terlibat kasus dugaan korupsi pengadaan alat-alat kesehatan (Alkes).

Dia ditetapkan sebagai tersangka setelah hasil pengembangan dari tersangka yang terlebih dahulu  ditahan.

"Hasil pengembangan bahwa ada keterlibatan tersangka dalam kasus RSUD Perdagangan Simalungun. Karena dia juga sebagai otak pelaku,"ucap kordinator penyidikan, Hendrik Silitonga, Kamis (5/3/2015).

Disebutkannya,  peran tersangka sebagai orang yang mengatur proyek tersebut. Bahkan, tersangka juga ikut peserta lelang.

"Tersangka yang membuat hasil perhitungan sendiri (HPS) dan membawa 3 perusahaan. Tersangka melakukan lobi-lobi dan ikut bertemu dengan ketua panitia pengadaan dalam proses pelelangan,"pungkasnya.

Seperti diberitakan, penyidik Kejati Sumut menetapkan tiga tersangka dalam kasus ini, yakni, Jon Elyas Sentosa Saragih selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Ramli Sagala selaku Ketua Kelompok Kerja (POKJA) Unit Layanan Pengadaan (ULP) dan Andrianto, SE, selaku rekanan dalam kasus korupsi Alkes RSUD Perdagangan Kabupaten Simalungun.

Kasus korupsi alkes ini, juga terjadi dibeberapa daerah di Sumut diantaranya korupsi di RSUD Sultan Sulaiman Sergei, RSUD Panyabungan Kabupaten Madina, RSUD Dr. Tengku Mansyur Kota Tanjung Balai dan RSUD Perdagangan Kabupaten Simalungun.

Dimana di daerah tersebut masing-masing mendapat anggaran Rp5 miliar yang bersumber dana dari APBN-P TA 2012 senilai Rp 116 miliar dan dana dekonsentrasi/tugas pembantuan di beberapa Kabupaten/Kota.Dalam pengadaan alat-alat kesehatan tersebut muncul dugaan korupsinya dengan modus pemahalan harga yang dilakukan para tersangka.[ben]

Sudah Diberlakukan, Parkir Sembarangan Bakal Kena Tilang Elektronik di Medan

Sebelumnya

Perkosa Banyak Pria, Pelajar Indonesia Reynhard Sinaga Dihukum Seumur Hidup Di Inggris

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Hukum