post image
KOMENTAR
Basarnas RI menandatangani kesepakatan dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) tentang penempatan 1 unit helicopter di Sumatera Utara. Penandatanganan kesepakatan ini dilakukan di Apron Lanud Soewondo TNI AU, yang dilakukan langsung oleh Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI F Henry Bambang Sulistyo dan Gubernur Sumatera Utara T Erry Nuradi.

"Helikopter ini akan mengcover kegiatan Search and Rescue (SAR) dan misi kemanusiaan lainnya pada 6 provinsi yakni Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Riau dan Kepulauan Riau," kata Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI F Henry Bambang Sulistyo kepada wartawan, Selasa (10/1).

Ia menjelaskan, helikopter menjadi bagian penting dalam misi SAR untuk mempersingkat respon time dan mengefisienkan jam terbang beroperasi. Kecepatan respon dan efisiensi waktu operasinal inilah yang selama ini menurutnya masih sering terkendala akibat minimnya helikopter yang mereka miliki.

"Misalnya pas di Aceh kemarin. Saya harus terbangkan 2 heli dari Jakarta dan Surabaya. Itu perpindahannya saja sudah makan waktu lama sebelum beroperasi. Atas berbagai pertimbangan seperti itu, maka kita putuskan menempatkan 1 heli di Sumatera Utara," ujarnya.

Saat ini menurutnya Basarnas sudah memiliki 5 helikopter yang baru yang siap menunjang operasi mereka. Lima heli ini akan menggantikan heli yang mereka miliki sebelumnya jenis Bolco yang menurutnya tidak efisien lagi dalam operasi SAR.

"Yang baru ada 5, dan yang lama akan kita ganti ada 3," demikian Bambang Sulistyo.[rgu]

LPM dan FKM USU Gelar Edukasi Kesahatan dan Pemberian Paket Covid 19

Sebelumnya

Akhyar: Pagi Tadi Satu Orang Meninggal Lagi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa