post image
KOMENTAR
Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengkalim menang di 52 daerah dari 101 daerah yang menggelar Pilkada Serentak 2017. PKS sendiri hanya mengikuti Pilkada di 95 daerah dari 101 Pilkada.

"Dari 95 paslon yang diusung dan didukung PKS, 52 Pilkada dimenangkan PKS. Jika dipresentasi, sekitar 54,74 persen," kata Sekjen DPP PKS, Mustafa Kamal, Senin (20/2).

Hasil ini berdasarkan penghitungan cepat menggunakan data C1 yang dilakukan PKS.

Mustafa memaparkan, 6 pilkada dimenangkan kader PKS dari total 52 Pilkada tersebut. Enam pilkada tersebut antara lain Aceh Tamiang (Naanggroe Aceh Darussalam), Pekanbaru (Riau), Payakumbuh (Sumatera Barat), Salatiga (Jawa Tengah), Takalar (Sulawesi Selatan), dan Kendari (Sulawesi Tenggara). Kader PKS, lanjutnya, maju di 15 Pilkada.

"Sementara paslon yang diusung PKS menang di 33 Pilkada, dan yang didukung PKS menang di 13 Pilkada," jelas Mustafa, anggota Komisi II DPR, seperti dalam rilisnya.

Dalam Pilkada serentak tahap pertama yang digelar 9 Desember 2015 sebelumnya, PKS mendukung dan mengusung pasangan calon kepala daerah di 173 Pilkada. Dari jumlah itu, paslon yang didukung PKS menang di 88 pilkada, atau sekitar 50,9 persen.

"Persentase ini melampaui keberhasilan partai-partai lain yang rata-rata mencapai kemenangan di bawah 50 persen," tukas Mustafa. [hta/rmol]


Mulai April Ini, Sejumlah Hotel Tutup di Medan

Sebelumnya

Warga Simalingkar B Tolak Jenazah Pasien Covid-19 Dimakamkan di Wilayahnya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa