post image
KOMENTAR

Tiga lokasi wisata unggulan di SUmatera Utara diproyeksikan menjadi proyek percontohan bagi pengembangan destinasi wisata lain.

Ketiganya, Tangkahan dan Bukit Lawang di Kabupaten Langkat serta Berastagi di Kabupaten Karo dinilai sangat potensial karena selama ini pengelolaannya tanpa sentuhan pemerintah, namun sudah menjadi tujuan wisatawan mancanegara. 

"Kita sudah pernah ketemu membahas potensi yang ada. Seperti pariwisata dan pertanian. Ternyata tiga lokasi pariwisata ini seperti tidak ada peran pemerintah. Karena itu kita ingin agar kita bisa membantu,” ujar Wakil Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah dalam Diskusi Kelompok Terarah (FGD) tentang Potensi Sumber Pertumbuhan Ekonomi Daerah di Gedung BI Sumut, Rabu (7/8) lalu.

Menurut Wagub, Sumut bisa menggali dan mengembangkan potensi yang telah ada selama puluhan tahun di berbagai tempat, termasuk Bukit Lawang, Tangkahan dan Berastagi.

Meski begitu, Wagub menegaskan bahwa proyek percontohan (pilot project) di tiga lokasi ini bukan berarti mengesampingkan potensi wisata yang ada di daerah lain. 

Seluruh potensi yang ada, lanjut Wagub, akan menjadi perhatian pemerintah provinsi untuk dikembangkan, selain Danau Toba yang kini menjadi proyek strategis Nasional.

"Bukan melupakan yang lain. Nanti ke depan kita akan lihat yang lainnya. Ini menjadi pilot project yang kita mau sinerginya OPD kita dan juga dengan mitra kita seperti BI dan OJK, dan mungkin nanti dengan TNI bisa membantu untuk penyuluhan dan hal lain. Ini harus kerja ‘keroyokan’," jelasnya. [dar]

Tiket Mahal, Wisatawan Akan Enggan Ke Danau Toba

Sebelumnya

RMOLSumut Menggelar Workshop Pembuatan Film Pendek

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ragam