post image
KOMENTAR

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa turun ke Sumatera Utara untuk membicarakan potensi kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. Hal ini diungkapkannya usai bertemu dengan Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah di Grand Mercure, Medan, Selasa (4/2).

Kepada wartawan, Khofifan menjelaskan salah satu kerjasama yang dijajaki yakni pasokan Dolomit dari Jawa Timur untuk perkebunan kelapa sawit di Sumatera Utara. Sebaliknya, Sumatera Utara diharapkan dapat memasok kebutuhan CPO untuk industri di Jawa Timur.

“Di Gresik, kita ada gunung dolomit yang kandungan kalorinya termasuk yang terbaik di dunia. Dengan luasnya perkebunan kelapa sawit di Sumut termasuk yang dimiliki pak wagub, tentunya kami berharap bisa menjadi pemasok,” ujar Khofifah.

Sementara untuk kebutuhan Jawa Timur menurut Khofifah, Sumut bisa memasok CPO karena cukup banyak industri minyak goreng di Jawa Timur.

“Kalau dari Sumut cukup banyak yang bisa kita terima, salah satunya CPO untuk kebutuhan pabrik minyak goreng. Karena PDRB Jatim itu 30 persen dari industri termasuk dalamnya industri pengolahan,” katanya lagi.

Wakil gubernur Musa Rajekshah yang hadir pada kegiatan tersebut menyadari potensi yang cukup besar untuk pemenuhan kebutuhan CPO Jawa Timur. Tetapi selama ini memang, produksi CPO lebih banyak untuk kebutuhan eksport luar negeri.

“Produksi CPO kita selama ini kan nomor dua setelah Kalimantan termasuk dari sisi luas perkebunan. Tetapi selama ini kita lebih banyak mengirim ke luar. Hanya saja mungkin secara person to person, sudah ada kita penuhi kebutuhan industri Jawa Timur,” ujar Musa Rajekshah.

Lebih jauh dikatakan wagub, dengan kerjasama antar pemerintah daerah ini diharapkan bisa menjadi motivasi bagi pengusaha antar kedua propinsi.

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ekonomi