post image
Net
KOMENTAR

Egrang, pernah kah Anda mendengar nama permainan tradisional ini? Ya, Egrang merupakan salah satu permainan tradisional yang sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu dan hampir punah. Olahraga yang juga permainan tradisional ini belum diketahui secara jelas asal-usulnya, namun banyak yang bilang bahwa permainan ini mendapat pengaruh dari budaya China.

Pada awalnya, Egrang  mulai dikenal sebagai suatu pertunjukan yang diiringi dengan musik tradisional di daerah Karawang, Jawa Barat. Namun seiring berjalannya waktu, berkembang menjadi permainan tradisional. Permainan yang bisa dimainkan oleh berbagai kalangan ini, dapat kita temukan di berbagai daerah dengan nama yang berbeda-beda. Jika di Bengkulu, masyarakatnya menamakan permainan ini dengan nama ingkau yang berarti sepatu bambu.

Saat ini Egrang sudah sangat jarang kita temukan di kehidupan sehari-hari. Dengan zaman yang semakin pesat, Egrang dan permainan tradisional lainnya sudah mulai ditinggalkan. Hanya di beberapa acara tertentu saja kita bisa menyaksikan permainan yang terbuat dari bambu ini, seperti acara kemerdekaan.

Reza prayogi salah seorang yang pernah memainkan Egrang saat acara kebudayaan minang kabau mengungkapkan pengalamannya. “Saat saya naik Egrang waktu sedang latihan, karena ada acara kebudayaan Minangkabau, kesulitan yang rasa pasti ada saat main Egrang. Saat  kita menyeimbangkan badan itu, terus kestabilan diri kita juga supaya gak jatuh,” tuturnya. Seperti dilansir RMOLSumut.

Sudah saatnya kita sebagai masyarakat Indonesia mulai melestarikan kembali permainan tradisional bersejarah yang merupakan bagian dari olahraga dan kearifan lokal ini. Jika tidak, permainan tradisional seperti ini akan tergerus oleh zaman. [dar]

Pakat Melayu, Tegaskan Komitmen Jaga Budaya Melayu

Sebelumnya

Kain Ulos 500 Meter Meriahkan Hari Ulos 2019 Di Medan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Budaya