post image
Juliana Pangaribuan/ MedanBagus
KOMENTAR

Menjadi pebisnis sepertinya sudah menjadi pilihan banyak orang. Sebagian ada yang berhasil dengan bisnisnya. Tapi ada juga yang tak ingin melanjutkan bisnisnya karena mengalami kerugian.

Juliana Pangaribuan, salah satu pebisnis yang sudah bertahun menjalani bisnis berbagi ilmu bagaimana memulai atau mempertahankan bisnis agar tetap konsisten.

"Saya sudah banyak hal yang dijalani untuk berbisnis, seperti buka koperasi mandiri sendiri, jual beli berlian, berondolan sawit, supplier detergen dan ada yang lain juga. Sudah berjalan selama 9 tahunlah", katanya kepada tim MedanBagus, Senin (13/1/20).

Juliana berpendapat, jika ingin memulai bisnis. Kita harus siap rugi. Karena bisnis itu pasti ada untung dan rugi. Selain itu, dibutuhkan juga keberanian, percaya diri, dan modal yang bisa cover biaya bisnis di awal.

"Berbicara modal, banyak orang yang memiliki banyak uang tapi gak tau mau melakukan apa. Karena mungkin dia tidak memiliki jiwa bisnis, tidak percaya diri, dan tidak mau mencoba. Menurut saya, hilangkan pikiran seperti itu. Hal yang terpenting itu harus berani, dan menerima konsekuensi untung dan rugi. Karena jika tidak ada rugi maka tidak akan ada untung. Siaplah menerima resiko itu", jelas Juliana.

Memulai bisnis juga harus dipilah-pilah terlebih dahulu. Tergantung dengan apa yang dibutuhkan saat ini. Lakukan survey pasar agar lebih yakin. Kemudian bangun rasa kemauan untuk belajar, apapun bisnisnya.

Terakhir, Juliana berpesan kepada para pelaku bisnis. "Selain memiliki modal keberanian dan percaya diri, jangan lupakan relasi. Bisnis juga bisa dimualai dengan join dengan bisnisnya teman, meneruskan bisnis orang. Cukup mudah, tinggal bagaimana kita bangun rasa berani di diri kita", tutupnya.

Bisnis berjalan baik juga bergantung di pemasarannya, Jika perlu terjun langsung ke lapangan agar kita tahu bagaimana pendapat orang tentang produk yang kita jual. Apalagi yang kita jual produk baru. Semangat untuk memulai bisnis dan tetap konsisten. [dar]

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Sebelumnya

Selamat, JNE Medan Raih 4 Penghargaan di Indonesia Marketeers Festival 2020

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Ekonomi